Kiat Konversi BBM ke Elpiji untuk kendaraan bermotor dari

Mon, 28 February 2011 jam 19:20:54

Konversi Bensin ke LPG

motor LPGmungkin udah sering terdengar di telinga kita kalau ada motor yang menggunakan bahan bakar gas (LPG) namun kita masih sangat jarang melihatnya di jalanan. mungkin ada baiknya juga kita buka bahasan tentang hal tersebut disini. baiklah kita mulai dengan gambar yang ada. ini adalah contoh modifikasi motor yang menggunakan LPG, namun dari segi keamanan motor tersebut masih sangat kurang. karena tidak adanya protector yang melengkapi dari skema atas motor tersebut.

kita akan jelaskan sedikit tentang perbandingan LPG dan bensinSecara empiris pun LPG mendekati bensin.
Bensin 2C8H22 + 27O2 -> 16CO2 + 22H2O
Dari reaksi jelas terlihat kalau bensin membutuhkan 27 oksigen.

Dilihat secara empiris kesetaraan reaksi LPG juga dapat dilihat C3H8 + 5O2 > 3CO2 + 4H2O.
LPG hanya membutuhkan 5 oksigen. jadi untuk intake menggunakan LPG bisa menutup penuh bagian karburator pada motor. hehehe rumit yaa

LPG memiliki bilangan angka oktan lebih tinggi dari bensin. LPG memiliki angka oktan di atas 100. Artinya cocok dengan mesin kompresi tinggi.

lanjut yuk.untuk karburator boleh dimodifikasi sendiri atau di beri tambahan yaitu dengan menggunakan karburator atau kran kompor gas subsidi BBM dari perintah itu lho.yang di pasang sebagai ganti kran bensin.
INI ADALAH contoh rangkaian gas LPG yang disalurkan ke MESIN
aku jabarkan proses instalasi LPG ke motor pake kata-kata ya.
TABUNG GAS > REGULATOR > KATUP> KRAN> SELANG > water protector > SELANG > KRAN>katup masuk > intake manifol.

PENJELASAN: dari TABUNG, gas dilewatkan ke regulator, sukur-2 pake regulator yang sudah ada setelan kran-nya yaitu regulator yang sering di pake oleh penjual nasi goreng di pinggir jalan itu lho. ini berfungsi untuk menurunkan tekanan gas yang keluar agar menjadi kecil, atau untuk mengatur keluarnya gas yang akan di salurkan. nah setelah melewati regulator + kran gas akan disalurkan ke water protector, dia berfungsi sebagai pelindung agar jika terjadi arus balik dari gas bisa terputus oleh water protector tersebut. hehehe keamanan adalah yang utama. setelah lewat dari protector, gas dengan tekanan rendah tersebut disalurkan ke katup, katup ini bisa di dapat di toko bangunan yang biasanya buat katup air, sehingga dia bisa masuk tapi gak bisa keluar. Barulah gas masuk ke manifol, dengan cara manifol terlebih dahulu di lobangi untuk masuknya gas. tambahan, pengecekan berkala akan menambah keamanan menggunakan LPG dan kalo masih kesulitan boleh kok kirim email ke saya. Atau datang saja ke bengkel saya. kita bagi ilmu bersama yuk.

JIKA RAGU LEBIH BAIK JANGAN PRAKTEK TERLEBIH DAHULU, PELAJARI TEKNIKNYA DAN YAKIN KAN BAHWA SEMUA PERSIAPAN ANDA SUDAH MATANG, KARENA GAS ADALAH BARANG PALING SENSITIF, JIKA TEPAT PENGGUNAAN DAN CARA MENGGUNAKANNYA AKAN MENJADI BARANG YANG BERMANFAAT, TAPI JIKA TERJADI SEDIKIT SAJA KESALAN MAKA BISA BERBAHAYA.

Sumber disini gan

CARA PEMASANGAN

CONVERSI KIT MOTOR  model I / Corong  

 KONVERSI BBM 3

KONVERSI BBM 4

KONVESI BBM 5

LPG buat motor mobil

LPG Motor

Apabila ingin menggunakan Bahan bakar LPG maka kondisi Bensin harus pada posisi kosong didalam Carburator ( cukup melepas slang bensin atau slang Vacum Krannya ) . bila komponen Conversi kit sudah tersedia maka yang paling utama dilakukan harus hati hati hindari Api ataupun Merokok .

  1. Pasang Adaptor LPG  pada muka Carburator dengan dihubungkan oleh clamp dan dipegang oleh Slang / Hose Radiator sesuai ukuran
  2. Hubungkan slang dari Adaptor ke Kran LPG kemudian dari Kran LPG ke Regulator ( pastikan setiap hubungan sambungan tidak bocor , gunakan clamp )
  3. Pasang Tali gas2 tak ( Yamaha Force One ) tali gas Standart sebelumnya dilepas Tali gas 2 tak mempunyai cabang maka yang satu dipasang ke Kran Gas
  4. Pasangkan Regualator pada Tabung LPG , Pastikan karet Seal tidak bocor /mendesis dan Regulaor dalam posisi tertutup .
  5. Buka Regulator / Putar Knob kekiri hanya sampai menunujk keangka Jam 2 atau 3 ( lihat gambar ) atau disekitar jam 3  kerena tidak boleh terlalu banyak membuka
  6. pastikan Bensin sudah tidak mengalir ke Carburator kerena akan menyebabkan susah hidup bila LPG dicampur bensin ( harus salah satu hanya bisa bergantian )
  7. sebelum menghidupka mesin pastikan mesin dalam kondisi prima ( Baterey & Satater )
  8. Putar konci kontak pada posisi on kemudian Stater , bila mesin susah hidup kembalikan Regulator ke posisi semula ( tutup ) dan buka kembali pada posisi Jam 2
  9. Putar hand Grip acelerasi / saat Motor Stater dihidupkan
  10. bila sudah hidup sesuaikan idle RPM dan bila sudah mencapai maka dilanjutkan keMaximal RPM . jangan mengubah ubah baut /screw stselan Carburator . kerena apabila LPG habis dijalan bisa menggunakan Bensin dengan tidak menyetel lagi .

PENGHEMATAN ENERGI   KONVERSI BBM 4

  • Perhitungan Energi yang dibutuhkan mesin

E = M. LHV

Dimana :

M         = Massa Bahan Bakar

LHV    = Low Heating Value ( nilai Kalor bawah bahan bakar ) KJoule/ Kg.

                      Bahan Bakar Bensin ( BBM )

Massa Bensin  = 1,5238 Kg

LHV Bensin    = 44400 KJoule/ Kg

E                          = 1,5238x44400

= 67656,72 KJoule

Untuk menempuh jarak 64 Km dibutuhkan 1,5238 Kg bensin dan setara dengan 67656,72 KJoule.

          Bahan Bakar Elpiji ( BBG ):

Massa Elpiji           = 1 Kg

Diasumsikan gas elpiji dari 60% propane dan 40% Butane.

LHV Propan         = 46350 KJoule/ Kg

- Kandungan Propane dalam elpiji 60%         = 46350×60% = 27810 KJoule/ Kg

LHV Butane         =  45750 KJoule/ Kg

- Kandungan Butane dalam elpiji 40%           = 18300 KJoule/ Kg

LHV Epliji            = 27810+186300

= 46110 KJoule/ Kg

E       = 1×46110 KJoule

= 46110 KJoule

Untuk menempuh jarak 64 Km dibutuh 1Kg elpiji dan setara dengan 46110 KJoule. Sehingga terjadi penghematan energi sebesar:

67656,72 46110 x 100% = 31,85 %

67656,72

  • Perhitungan Biaya yang Dibutuhkan.

Untuk menempuh jarak 64 Km pada tingkatan kecepatan < 60km/ jam maka data yang didapat:

- Bahan Bakar Elpiji    = 1 Kg

- Bahan Bakar Bensin = 1,5238 Kg

                Perhitungan yang dibutuhkan untuk bahan baker bensin:

Untuk menempuh jarak 64 Km dibutuhkan 1.5238 Kg

Liter Bensin    = KgBensinx1000 ( Kg )

bensin

SG Bensin       = 0,128 ( 1 atm, 31°C )

bensin            = air x SG bensin =999 x 0,728= 727,272 kg/ m³

Liter bensin     = 1,5238 x 1000 ( Liter )

727,272

= 2,095 liter bensin

Jadi:

1,5238 Kg bensin = 2,095 liter bensin

Jika diasumsikan harga bensin 1 liter = Rp. 4500,-

Maka biaya yang dibutuhkan              = Rp4500x2, 095 liter

= Rp 94275, 5,-

= Rp 9500, ( Setelah dibulatkan )

                Biaya yang dibutuhkan untuk bahan bakar elpiji:

Untuk menempuh jarak 64 Km dibutuhkan 1 Kg elpiji

Diasumsikan harga elpiji 1 kg             = Rp 5000

= Rp 5000×1 Kg

= Rp 5000,-

Sehingga terjadi penghematan biaya sebesar;

9500-5000 x 100% = 47,36%

5000

CARA PEMASANGAN

 

Menggunakan sistim Vacum Advance  :  Model II

Model  ini adalah cukup baik dibandingakan dengan  yang pertama , kerena gasyang masuk tidak keluar disebabkan  terhalang oleh carburator , dan tidak memerlukan perubahan  Tali gas dengan 2 tak .

Namun sedikit rumit cara kerjanya , tetapi bila dibandingkan dengan Motor BBG yang sudah dikeluarkan pada  bulan Juni 2008  buatan Indonesia dan beberapa merk Cina  itu lebih sangat rumit dan susah hidupnya ( padahal iklannya bisa menggunakan LPG 3 kg ) namun kenyataanya kontruksinya ribet apalagi orang umum sangat tidak mengerti akhirnya  tidak  laku dipasarkan .

Model ini bisa digunakan pada semua jenis Motor 4 Tak dan 2 Tak ( Vespa & Bajaj 2 Tak dengan syarat pompa oli / samping mesin bekerja ) adapun cara pemasanganya adalah ;

  1. Pasang Adaptor  dibelakang Ptpa bebek ( inlet Manipold ) untuk motor Matic

Untuk motor manual pasang dibelakang Carburator / didepan Inlet Manipold

  1. Pasang Slang dari Adaptor ke Kran gas , lalu Pasang slang gas dari kran gas ke

Valve Bensin ( Kran Bensin / lihat tanda panah di Kran Bensin ) kemudian pasang

slang ke Regulaor LPG . ( posisi Regulator dalam keadaan tertutup )

  1. periksa  Linked Kran gas pada tusa Vacum , pasangkan  Slang kecil vacuum ke

saluran Air Suction pada Carburator . dan pasangan Slang kecil Valve kepada

Intake manipold ( cabut slang kecil valve bensin agar bensin tak mengalir dan

gantikan masukan slang kecil dari Valve LPG )

Cara kerja: ketika mesin akan dihidupkan  posisi Regulator dalam keadaan baik tidak Bocor/mendesis

Buka putar kekiri Knob Regulator kekiri sampai menunjuk pada arah jarum Jam 2

( pastikan Bensin sudah habis di Carburator sebab dapat mengakibatkan susah hidup )

Ketika mesin saat di Stater maka Valve LPG membuka seperti valve Bensin untuk

Carburator . bila mesin sudah hidup maka posisi carburator jangan diubah ubah dahulu .

Stel Linked vacum  ke  Kran untuk menentukan Idle RPM . sesuai standart motor

Setelah ketemu Idle RPM , tarik  Hand Grip Accelerasi  RPM harus ketemu maximal

Standart . bila tidak ketemu Idle dan maximal RPM ,yang hanya di Stel dan dirubah

adalah Baut Stelan di Adaptor dan besarnya Kran LPG di Vacum Advance harus sesuai

Porsinya , agar LPG tidak bocor dan berlebihan kerena dapat mengakibatkan Bau pada

Knalpot sisa pembakaran dan membuat orang menjadi takut yang berada dibelakangnya

PENGHEMATAN ENERGI

  • Perhitungan Energi yang dibutuhkan mesin

E = M. LHV

Dimana :

M         = Massa Bahan Bakar

LHV    = Low Heating Value ( nilai Kalor bawah bahan bakar ) K Joule/ Kg.

                      Bahan Bakar Bensin ( BBM )

Massa Bensin  = 1,5238 Kg

LHV Bensin    = 44400 K Joule/ Kg

E                      = 1,5238 x 44400

= 67656,72 KJoule

Untuk menempuh jarak 64 Km dibutuhkan 1,5238 Kg bensin dan setara dengan 67656,72 KJoule.

          Bahan Bakar Elpiji ( BBG ):

Massa Elpiji           = 1 Kg

Diasumsikan gas elpiji dari 60% propane dan 40% Butane.

LHV Propan         = 46350 K Joule/ Kg

- Kandungan Propane dalam elpiji 60%         = 46350×60%

= 27810 K Joule/ Kg

LHV Butane         =  45750 KJoule/ Kg

- Kandungan Butane dalam elpiji 40%           = 18300 K Joule/ Kg

LHV Epliji            = 27810+186300

= 46110 KJoule/ Kg

E          = 1×46110 KJoule

= 46110 KJoule

Untuk menempuh jarak 64 Km dibutuh 1Kg elpiji dan setara dengan 46110 KJoule. Sehingga terjadi penghematan energi sebesar:

67656,72 46110 x 100% = 31,85 %

67656,72

  • Perhitungan Biaya yang dibutuhkan.

Untuk menempuh jarak 64 Km pada tingkatan kecepatan < 60km/ jam maka data yang didapat:

- Bahan Bakar Elpiji    = 1 Kg

- Bahan Bakar Bensin = 1,5238 Kg

                Perhitungan yang dibutuhkan untuk bahan bakar bensin:

Untuk menempuh jarak 64 Km dibutuhkan 1.5238 Kg

Liter Bensin    = KgBensin x 1000 ( Kg )

bensin

SG Bensin       = 0,128 ( 1 atm, 31°C )

bensin            = air x SG bensin =999 x 0,728= 727,272 kg/ m³

Liter bensin     = 1,5238 x 1000 ( Liter )

727,272

= 2,095 liter bensin

Jadi:

1,5238 Kg bensin = 2,095 liter bensin

Jika diasumsikan harga bensin 1 liter = Rp. 4500,-

Maka biaya yang dibutuhkan              = Rp4500 x 2, 095 liter

= Rp 94275, 5,-

= Rp 9500, ( Setelah dibulatkan )

                Biaya yang dibutuhkan untuk bahan bakar elpiji:

Untuk menempuh jarak 64 Km dibutuhkan 1 Kg elpiji

Diasumsikan harga elpiji 1 kg             = Rp 5000

= Rp 5000×1 Kg

= Rp 5000,-

Sehingga terjadi penghematan biaya sebesar;

9500-5000 x 100% = 47,36%

5000

Analisa data hasil uji Automotive Gas Analizer

Dari data hasil penelitian uji emisi yang dilakukan di daeler Mobil PT. Tunas Toyota, diperoleh data emisi gas buang sebagai berikut:

Konsentrasi

Bahan Bakar Bensin

Bahan Bakar Elpiji

Nilai Ambang Batas

CO ( % vol )

1,356%

0,077%

Sampai 5,5%

CO ( % vol )

0,2%

0%

-

HC ( ppm vol )

297 ppm

50 ppm

Sampai 2400 ppm

O ( % vol )

20,90%

20,90%

-

Dari data diatas dapat dilihat bahwa dari hasil uji emisi gas buang yang dilakukan baik menggunakan bahan baker bensin maupun bahan baker elpiji, keduanya tidak melebihi ambang batas yang diijinkan, yaitu 5,5%  vol untuk Emisi gas Co dan 2400 ppm untuk Emisi gas HC. Akan tetapi pemakaian bahan baker elpiji penurunan yang cukup tajam pada emisi gas CO, CO dan HC dari bahan bakar bensin. Hal ini karena elpiji atau liquefied petroleum gasses yang didominasi propane (CH) dan butane ( CH ) memiliki daya ledak sangat baik sehingga ideal untuk pembakaran. Karena gas yang ikut terbakar terdiri dari molekul oksigen dan hidrokarbon, menyebabkan kadar emisi seperti HC (hydro carbon) dan CO (carbon monoksida) ikut turun sehingga gas buang hasil pembakaran cukup baik dan ramah lingkungan dibandingkan dengan mesin  yang menggunakan  bensin.

PARAMETER

 

                                        BENSIN                             BBG / CNG                                LPG

 

TENAGA / POWER                 100%                                      80%                                          80%

HARGA / Liter                          Rp 6500,- (P.Plus)                 Rp 2500,-                                 Rp 4000,-/ Kg

KAPASITAS TANGKI             100%                                     40%                                          80%

WAKTU PENGISIAN               60 liter =2,5 menit               24 liter = 5 menit                      48 liter = 2 menit

TEKANAN                                 -                           200-300 Bar                              2-10 Bar

SUHU / TEMPERATUR            87 º Celcius                          90 º Celcius                           90 º Celcius

PEMAKAIAN ( Km/ liter)        12 Km/ Liter                                  -                                          64 Km/Kg

Nissan H20 / 2400 cc 4 Cilinder  atau Lpg 12 kg setara dengan 25-30 ltr Bensin . Test Perbandingan  pemakaian  dilakukan di  PT. Mitratama Jl : Jababeka Raya  5 Kawasan Industri Jababeka I  Cikarang Bekasi

Pada RPM Idle 700 -800 RPM  LPG ukuran 3 Kg pada mesin 110 cc mampu bertahan 14 Jam . cocok untuk mesin Pompa Irigasi dan Motor Nelayan , kerena tidak memerlukan Accelerasi  seperti pada sepeda Motor .

LPG / Liquid Petrolium Gas  mempunyai Berat Jenis lebih berat dari pada Udara , sehingga apabila terjadi kebocoran didalam ruangan yang tidak berventilasai  maka sulit dan cukup lama untuk membaur pada udara .

Sehingga dapat dan mudah sekali terbakar dan menjadikan ruangan yang tertutup dapat meledak.

LPG yang sudah diedarkan dan dimiliki masyarakat sudah sangat memenuhi Standart kesehatan dan keselamatan .

Sudah dilengkapi dengan Safety Valve bila terjadi tekanan melebihi 10-25 kg  sementara kekuatan Tabung 175 kg jadi mustahil meledak . juga dielengkapi dengan Bau yang menyengat sebagai tanda  terjadi kebocoran .

CNG / Compres Natural Gas  adalah bahan bakar cair gas alam yang dikompresikan dengan tekanan tinggi

200-300 Bar  maka tidak dapat digunakan didalam Rumah tangga . CNG digunakan pada BusTrans Jakarta  -

Taxi dan Bajaj BBG . namun untuk Infrastruktur stasiun pengisian Bahan Bakar BBG belum mencukupi  kerena diperlukan dana yang besar  , sementara di Jakarta SPBUBBG hanya  beberapa saja yang berfungsi

LPG dan CNG memang direkomendasikan oleh ahli mesin Dunia , kerena tidak merusak mesin dan tidak- menimbulkan efek buruk bagi kesehatan Manusia . berbeda dengan Bahan bakar  Alternativ yang terbuat dari Tumbuh tumbuhan atau Proses Kimia , atau dengan Air yang di Katalistik oleh arus listrik DC. Untuk bahan bakar. sangat berbahaya bagi Manusia bila terhirup dan dapat membuat kropos komponen bagian Mesin sangat cepat .

PERBANDINGAN

PREMIUM              BBG / CNG              LPG /LGV              PERTAMAX

 

Nilai Octan / Bakar         88                              96-98                           98                                 95

Liter/ Km                      1 / 10                          1/10                           1 /12                              1/11

Power. Tenaga              95 %                         80 %                           80 %                              100 %

Suhu mesin                   87                                  90                               89                                 85

Timing Ignition           5-7 BTDC               7-10 BTDC                    5-10 BTDC                  7-12 BTDC

Harga Rupiah               4500 / ltr                     2500                         4000 / kg                     8400 / Liter

Pressure                             0                         200-300 bar                   2-5 Kg                                  0

Lama Pengisian        60 ltr = 4 menit        60 Ltr = 45 menit          12 kg = 0,15 menit      60 Ltr / 4 menit

Kapasitas Tanki            100 %                          65 %                            80 %                            100 %

CNG adalah Compres Natural Gas , biasa digunakan pada Bus Trans Jakarta ,tetapi banyak kelemahanya

terutama saat jalan macet , maka temperature mesin akan Panas/ Over Heating  terasa saat kita duduk dibelakang .

kerena Environment Jakarta  33-35 derajat , maka Radiator harus di Modifikasi yaitu Kapasitas Water Coolingnya harus di perbanyak . bila tidak maka akan mudah sekali Over Heating atau terbakar .

tekanan yang tinggi 200 sampai 300 Bar membuat  kita harus sangat hati hati walau dilengkapi Safety Valve

LPG adalah Liquid Petrolium Gas , untuk ukuran 3 sampai 12 kg banyak tersedia di seluruh Warung pinggiran jalan . jadi Pemerintah tidak perlu membangun Infrastruktur SPBUBBG yang sangat mahal .

disamping lebih aman kerena tekanan / Pressure yang rendah juga diberi tanda Bau bila terjadi kebocoran

dan apabila terjadi tekanan yang melebihi 15 kg  pada setiap Tabung LPG sudah dilengkapi Safety Valve

maka secara otomatis gas akan terbuang bila tekanan berlebih , sedangkan kekuatan Tabung 3 kg  mencapai

175 kg /cm2 jadi sangat mustahil bila tabung dapat meledak ,

 


Kiat Konversi BBM ke Elpiji untuk kendaraan bermotor dari ...
Mon, 28 February 2011 jam 19:20:54. Konversi Bensin ke LPG. mungkin udah sering terdengar di telinga kita kalau ada motor yang menggunakan bahan bakar gas

Kiat Konversi Bbm Ke Elpiji Untuk Kendaraan Bermotor Dari
Kiat Konversi Bbm Ke Elpiji Untuk Kendaraan Bermotor Dari. Kali ini Kabar Pilihan akan berbagi artikel mengenai Kiat Konversi Bbm Ke Elpiji Untuk Kendaraan Bermotor

Kiat Konversi Bbm Ke Elpiji Untuk Kendaraan Bermotor Dari
Here i will explain about kiat konversi bbm ke elpiji untuk kendaraan bermotor dari Above i have explained review about kiat konversi bbm ke elpiji untuk

Kiat Konversi Bbm Ke Elpiji Untuk Kendaraan Bermotor Dari
Read Kiat konversi bbm ke elpiji untuk kendaraan bermotor dari and download Above you can read our explanation about Kiat Konversi Bbm Ke Elpiji Untuk Kendaraan

Kiat Konversi Bbm Ke Elpiji Untuk Kendaraan Bermotor Dari ...
Best Place to Download PDF about Kiat Konversi Bbm Ke Elpiji Untuk Kendaraan Bermotor Dari and read our other news related to Kiat Konversi Bbm Ke Elpiji Untuk

Kiat Konversi Bbm Ke Elpiji Untuk Kendaraan Bermotor Dari ...
Kiat konversi bbm elpiji kendaraan bermotor , Mon, 28 february 2011 jam 19:20:54. konversi bensin ke lpg. mungkin udah sering terdengar di telinga kita kalau ada

Kiat Konversi Bbm Ke Elpiji Untuk Kendaraan Bermotor Dari
kiat konversi bbm ke elpiji untuk kendaraan bermotor Download Kiat Konversi Bbm Ke Elpiji Untuk Kendaraan Bermotor Dari

Kiat Konversi Bbm Ke Elpiji Untuk Kendaraan Bermotor Dari ...
Find article and reference that discuss Kiat Konversi Bbm Ke Elpiji Untuk Kendaraan Bermotor Dari . Kiat Konversi Bbm Ke Elpiji Untuk Kendaraan Bermotor Dari .

kiat-konversi-bbm-ke-elpiji-untuk-kendaraan-bermotor-dari ...
kumpulan kata kata cerita mutiara lucu bijak motivasi cinta contoh gambar video zodiak makalah cv lamaran kerja harga terupdate

Kiat Konversi Bbm Ke Elpiji Untuk Kendaraan Bermotor Dari ...
Kiat Konversi Bbm Ke Elpiji Untuk Kendaraan Bermotor Dari. CLOSE. CLOSE. Kiat Konversi BBM ke Elpiji untuk kendaraan bermotor dari Mon, 28 February 2011 jam 19:20:54.

Previous
Next Post »