http://www.ratmotorsidoarjo.co.cc
Alhamdulillah,
Sungguh nikmat merasakan berkah di bulan Ramadhan begitu banyak kesempatan riset korek mesin tiada henti berdatangan. Pula rasa syukur tak henti kami panjatkan bagi ALLAH SWT, Tuhan semesta alam, atas limpahan rahmatmu kami dapat berkarya. Dan atas izinMu kami masih dapat berbagi, bersedekah ilmu untuk semua sahabat se Indonesia :) Apa kabar semuanya? Yang disabang? Yang di Merauke? Kami di sidoarjo nya masih terus terendam Lumpur nih Hahaha! Apa pemerintah udah pada lupa? Woi jangan bikin gedung DPR cuma buat pindah tidur :D Bangun-bangun, sahur!!!
Kesempatan kini datang dari penyemplak motor Yamaha Vega R milik mr. V yang tergabung dalam club V1VA Surabaya, pemuda tampan, pendiam, memakai kacamata, menyambangi markas R.A.T yang dipenuhi pemuda berbadan gelap penuh olie, dengan gagah berani meminta order vega nya untuk di korek kencang buat turing. Busyet ternyata meski body vega nya di motif cutting sticker bunga-bunga gini, empunya gila kecepatan. Kami pun berdiskusi konsep kerja yang akan dilakukan, setelah diajukan proposal , Bayar-nya nyicil ya mas, bisik sang empu pelan. Gapapalah , pokoknya 3 x , pagi-siang-sore Lunas! Hehehe jawab saya, lalu kita tertawa bersama. Nah, tertawalah sebelum tertawa itu dilarang. Modif lah sebelum modif mesin dilarang. oWokWokokWok :D
Konsep mesin touring adalah kencang tapi juga awet, dan sewaktu-waktu ada trouble sparepartnya mudah didapat. Tapi inti modifikasi menjadikan laju motor kalau lari ber iring-iring tidak ketinggalan dengan karib lain. Berarti konsep motor harus mampu terus bernafas di trek yang cukup panjang, lumayan lah buat riset kalau ada order buat mesin balap dari jakarta yang main 800 meteran wkwkkw ngimpi ngimpi. :) Lagipula jalan ke arah bandara Juanda lempeng banget kalau dibuat test ride. Oke deh, plafon budget disetujui, tinggal tugas mekanik mensiasati budget yang ada.
Motor ditinggal, sang mr. V kok perasaan ga enak nyebut inisialnya, untung bukan cewek , bisa jadi miss V donk,, hayoo yang baca siang-siang jangan mikir jorok. Uhhhuuyy head silinder langsung dibuka perlahan- satu demi satu bautnya dikendorkan, dilepas, dibuka.. dipelorotkan dari baut tanamnya, hingga terlihat baut yang mulus dan basah terbasuh oli itu, hahahha cerita apaan sih. Dah intinya diperetelin untuk diantar ke bengkel bubut Dhaha Putra Teknik, langsung menuju ke pojok kiri belakang, tempat mas Amin bersarang!
Kita order pemakaian katub shogun, dengan panjang batang klep 67 milimeter, kita buat muncul klep nya 29 milimeter dari pangkal head, gap dibuat 4.5 milimeter mas. Bentuk kubah ruang bakar seperti biasanya ya mas pesan saya mengerling kan kode rahasia , hehehe.. ini yang tetep bikin dapur bini ngebul :D wkwkwkw
Gap lebar layaknya pacuan motor road race, berguna untuk mendapat area overlaping yang tinggi , sehingga tenaga di putaran atas membaik. Disokong oleh aplikasi untuk pir katub milik CS-1 agar tidak terlambat mengembalikan klep exhaust di putaran 10.000 RPM. Sayangnya kok telat nemuinnya, malah pakai pir katub shogun sempat patah pir katub nya kena lobe lifter cam 7 milimeter, hasil dari pemangkasan noken as 1.5 milimeter. Untung ga patah klep nya, fffiiuuhhh Kalau penari dangdut goyang patah-patah mah, aaajjjiiibbb :D
Area intake port kita papas 5 milimeter, porting dibuat kotak maunya meniru desain suzuki satria Fu150, hehehe kebanyakan garap mesin FU jadi keblinger gini ^_^ eh, ternyata enak banget kok :D Sekali-kali gak ngikutin Graham Bell kan gak dosa :) Terpenting kita tahu prinsipnya, yang diinginginkan adalah aliran udara berkelok kesamping, bergumpal di area dekat bushing klep, lalu dihajar membentuk badai homogenus masuk ke silinder saat katub terbuka. Malahan menurut david vizard, asimetrical porting akan membantu membentuk swirl, dan dari buku teori dasar mesin torak, efisiensi ruang bakar yang mampu mencegah detonasi adalah campuran udara/bahan-bakar yang berputar ter-aduk2 dalam silinder. Oleh karenanya kita berani mematok perbandingan volume yang disapu dengan volume yang ditinggalkan hingga 11.5 : 1.
Tak lupa teknik modifikasi terbaru kita terapkan, valve back cut, ini kuncian yang menambah efisiensi area porting menjadi sebesar 30%, area kiri kanan bushing klep kita lebarkan 110 % dari diameter klep intake. Hasilnya, Nafaaaaassss terus gak habis-habis motornya, puncak kecepatan 120 KPJ di gigi 3 kemudian pindah ke persneling final masih mau ngepot ban belakangnya waktu saya menguntit mas wawan yang ngebut test ride pake vega, sedangkan saya pake MX 135 cc korek ringan sudah nyerah, ngeri!!! Mas wawan pun melesat makin jauh Lucu juga ngeliat pantat mas wawan nungging di depan gitu hahaha! dasar bapaknya Attaya, besok kalau anaknya udah gede, biar ini jadi cerita buat dia kalau ternyata dulu bapaknya mau jadi pembalap gak kesampaian hahhaha :D
Padahal jantung dapur pacu mesin Yamaha Vega ini hanya kita rubah memakai piston kawasaki kaze oversized 1 milimeter, piston ini masih menjadi andalan dari jaman dulu, hanya sekarang tinggal bagaimana pintar kita mensiasatinya. Disini serunya, karena blok vega lebih rendah 2 milimeter dibanding Jupiter Z atau Vega R new , inilah kesempatan membentuk dome pistonnya layaknya piston FIM izumi. Piston yang muncul dari blok di beri tanda garis dengan pisau, piston direndahkan hingga 0.5 milimeter dibawah garis itu, dan dome yang terbentuk dilesakkan ke dalam ruang bakar. Mantep To, enak To :) Tak lupa speeling kedalaman coakan klep pada piston diberi lebih dalam + 1 milimeter dari posisi overlaping klep. Kalau menurut Tom Monroe, dalam bukunya Engine Builder Handbook, sebaiknya kedalaman coakan klep exhaust pada piston diperdalam, karena kecenderungan klep buang dalam posisi turun hanya mengandalkan kekuatan pir klep untuk mengembalikan posisinya, jika terlambat maka fatal akibatnya merusak head-klep-piston-liner. Sudah sadar kan, kenapa seringkali klep buang yang mengalami kebengkokan atau bahkan patah? Ya-ya-ya ndak perlu berterimakasih begitu
Dengan jantung sebesar itu, potensial kubah ruang bakar masih bisa dipacu dengan katub milik Honda sonic dengan dimensi 28 / 24, tapi toh ini untuk riset siapa tahu dapet pesenan juga untuk bikin mesin MP 3, kan dengan katub 26 / 22 , anggap aja motor pembalap pemula tapi tetep kudu bisa galak :) Supplay bahan-bakar masih mengandalkan milik jupiter z, pilot jet # 25, main jet # 110. Tanpa reamer, intake manifold standard. Box filter terpasang supaya debu tidak tersedot waktu motor dibawa ngebut nyalip bus, atau truk. Gasss terus pokoknya.
Ubahan lain di sektor kampas kopling, kita mengandalkan kampas kopling racing dari Indopart, pir kopling dari motor jambret, yamaha RX-KING, balancer 900 gram. Magnit standard, cdi 4st, coil standard. Tidak ada yang istimewa memang, toh butuhnya hanya transfer tenaga. Lebih dahsyat langsung ubah gigi rasio , ditata pada sekunder nomor 3 dipakai mata berjumlah 30. Membuat reduksi dari gigi 2 ke 3 lebih rapat dan cepat, dan masih menyisakan nafas pada gigi 4. Hasil top speed jarum speedometer mentok cukup lumayan lah, digapai dengan mudah melalui final gir depan 15 belakang 35.
Muffler dipercayakan oleh bang Zaeni, dimodel megaphone, untuk mengejar putaran atas, silinser mengerucut kecil, pipa 25 milimeter pada leher, disambung 27 milimeter di step ke 2, silinser 15 milimeter adalah lubang kasa, dengan jumlah lubang pada pipa 16 buah dengan diameter 6 milimeter.
Ffffiiiiuuuuhhhh kayanya ketagihan nih bikin motor trek panjang, kapan dapet orderan jupiter lari 185 kpj, ya rasanya bukan mimpi kalau dana nya ada :) Itu rahasiamu saja ya Allah, dan kami bersyukur atas apa yang telah ditorehkan hari ini.
Tetap Sehat Tetap Semangat, Biar Bisa Modifikasi Mesin Tiap Hari.
Raya Bypass Juanda No. 17
SIDOARJO
085645577007
2824fef0
mail us : dragswega201@yahoo.com
Specification of Tuning :
- Head Port & Polished by R.A.T
- Mp 3 / Mp 4 customized cylinder head , 38mm combustion chamber axis, 26 mm inlet , 22 mm outlet
- Back Cut Valve modification
- Piston Kaze o.s 1.00, customize piston, deep relief
- Camshaft 255 degree, valve lift 7.6 inlet, 7.8 outlet, made by R.A.T
- Spring valve Honda CS-1
- Clutch Suzuki FR80 Indopart, Clucth spring Yamaha RX-King
- CDI Yamaha 4ST
- Knalpot Customize by R.A.T
Jupiter Mx R A T Racing Automotive Tuning Terbaru
More Results Related to jupiter mx r a t racing automotive tuning; Jupiter MX R A T Racing Automotive Tuning Bore Up Yamaha Jupiter MX 175 cc. Piston FU bisa dipakai
Jupiter Mx R A T Racing Automotive Tuning Terbaru
jupiter mx r a t racing automotive tuning adalah salah satu topik terbaik pada tanggal 31-10-2014 jam 12:29:51 yang dipublikasikan oleh serbafoto.com
jupiter mx r a t racing automotive tuning
Search Results for 'jupiter mx r a t racing automotive tuning' jupiter mx r a t racing automotive tuning.
Jupiter Mx Rat Racing Automotive Tuning | Best Top Buy ...
jupiter | R.A.T -Racing Automotive Tuning-Posts about jupiter written by ratspeed Detonation kill power and kill your engine! Ini bukan judul lagu,
Jupiter Mx Rat Racing Automotive Tuning | Search Results ...
Posts about jupiter written by ratspeed detonation kill power and kill your engine! ini bukan judul lagu, tetapi emang kenyataan bahwa detonasi bisa ngerusak mesin..
Jupiter mx drag bike | sony-america.com
jupiter mx r a t racing automotive tuning Posted on September 23, 2014 | No Comments Bore Up Yamaha Jupiter MX 175 cc. Piston FU bisa dipakai untuk bahan modifikasi
Korek Mesin Yamaha Super Jupiter Mx 135 Lc R A T Racing ...
Korek Mesin Yamaha Super Jupiter Mx 135 Lc R A T Racing Automotive Aneka Foto Artis Indonesia, Artis Korea, Artis Jepang, Artis Hollywood, Artis Bollywood, Girlband
R0ad Race Jupiter Z - InfoArmenia.Org
road race | R.A.T -Racing Automotive Tuning-Posts about road race written by ratspeed R.A.T -Racing Automotive Tuning-Posts about jupiter written by ratspeed
New Jupiter Mx Livery 2014 | Info Terbaru 2014
2011 Yamaha Jupiter MX (135LC) Rear Disc Brake with new Chain Tensioner Mechanism. Indonesia Motorcycle: Jupiter MX | R.A.T -Racing Automotive Tuning-
jupiter mx rat racing automotive tuning | my favorite gadget
jupiter mx rat racing automotive tuning last updated on Tuesday 21st of October and recent update to jupiter mx rat racing automotive tuning from » my favorite gadget
ConversionConversion EmoticonEmoticon