Posted by ilham in Motor Baru, Otomotif.
trackback
Jangan kecewa jika Yamaha V-Ixion yang heboh itu muncul dengan tampilan seadanya. Sebab bisa jadi akan berbeda dengan yang dipamerkan The 3rd Jakarta Motorcycle Show (JMS) akhir tahun lalu. Mengapa demikian?
Andalan terbaru pabrikan berlogo Garputala ini memang masih menyisakan kontroversi yang belum selesai. Banyak yang begitu yakin akan segera diproduksi massal seperti dilansir banyak media otomotif. Bahkan di salah satu milis pengguna produk Yamaha, digosipkan produk ini akan keluar Februari bulan depan. Lebih cepat dari perkiraan banyak pihak yang rata-rata mematok pertengahan tahun 2007.
Konon saat ini pengujian laik jalannya sudah berlangsung. Artinya, sejumlah prototipe sudah siap. Jangan kaget jika di jalan anda berpapasan dengan motor baru yang terlihat asing. Jika benar demikian, maka motor ini sudah dalam proses pengesahan yang berwewenang dan sebentar lagi launching. Tinggal timing marketing saja yang akan bermain.
Namun pertanyaan yang tersisa, benarkah model yang akan dilansir ke publik akan sama dan serupa dengan versi yang dipamerkan di JMS? Bukan tidak mungkin banyak yang akan kecewa jika yang keluar bukan V-Ixion, tapi justru Yamaha Viper yang basis model dan mesinnya sama persis. Perbedaannya, V-Ixion versi JMS kemarin adalah facelift, sementara Viper adalah versi standar atau malah downgrade.
Tentu banyak yang masih ingat ketika pertama kali Thunder 125 diperkenalkan. Versi faceliftnya dipamerkan dengan mewah ala tampilan Buell. Tak salah, karena itu kreasi Aming Aliwarga untuk kepentingan promosi. Versi jalan rayanya pun memang laris, namun jelas cukup mengecewakan bagi yang berharap motor segahar edisi facelift-nya.
Yamaha V-Ixion memang sangat wah. Hampir semua sektor begitu istimewa. Bayangkan saja, motor sport kelas ringan menyandang buntut singel sitter yang aduhai. Apakah akan demikian versi massalnya? Kemungkinan besar tidak. Namun bisa saja akan mempertahankan model jok two sitter alias berjenjang. Berarti akan mengusung nuansa sporty layaknya CBR atau Ninja KRR. Kalo begitu mari kita lanjutkan pengandaiannya.
Bagaimana dengan sektor kaki-kaki? Tidak kalah gilanya. Upsidedown yang disandang bisa menjadi yang produk massal pertama di Indonesia. Mungkin hanya produk terbatas motor trail dari Hyosung 125 atau produk moge seperti Cagiva Mito atau Aprilia RS 125 saja yang memakainya. Di jajaran produk massal roda dua asal pabrikan Jepang, paling banter tersedia motor sport yang menyandang sok teleskopik berdiameter agak besar dan ber-tripleclam lumayang lebar.
Selain itu, V-Ixion juga sudah dipersenjatai dengan lengan ayun (swing arm) monosok sehingga mengentalkan nuansa sporty. Dilengkapi pula dengan velg racing berpalang moge yang menyempurnakan karakternya sebagai motor spot petarung jalanan (streetfighter).
Detail terakhir yang sering luput pada motor sport tanah air namun tidak pada produk ini adalah model headlampnya yang luar biasa cantik. Model ini meninggalkan model bulat ala retroklasik yang masih disandang banyak motor sport naked tanah air seperti Honda Tiger, Scorpio, atau Thunder. Model lampu semacam ini persis yang disandang Yamaha FZ6 S2. Bukan mencontek lampu Yamaha MT 03 seperti dugaan Motor Plus.
Sisanya mesin dan sasis yang meskipun tidak istimewa, namun tetap perlu diapresiasi. Dengan bekal deltabox, motor ini memasuki segmen motor sport yang bersasis kuat seperti produk massal sebelumnya, Ninja R dan FXR. Meskipun demikian, modelnya yang terkesan kaku dan kurang simetris antara ujung atas yang membesar dan bawah yang mengecil masih sedikit kurang manis.
Begitu pula modal mesin yang hanya bervolume silinder 150cc 4 tak SOHC, sedikit tanggung. Jika memang dimaksudkan untuk bersaing dengan Thunder 125 atau The New Megapro, positioningnya mungkin sangat tepat. Sebab akan mengoreksi kekurangan tenaga Thunder 125 yang sering dianggap banci, tapi juga akan membayang-bayangi Megapro yang bermain di angka 160cc. Kecuali jika ternyata keluar versi DOHC, maka sudah tak perlu diskusi lagi mengenai superioritasnya.
Bagaimana performa mesin? Harus menghitung perbandingan volume mesin, tenaga, dan berat, tentunya. Namun masih menyisakan teka teki. Sangat banyak gosip yang beredar, namun hasilnya sangat bergantung pada lansiran resminya nanti. Ini karena data spesifikasi yang beredar luas masih belum simpang siur. Mana mungkin motor sport berdeltabox dan ber-upsidedown hadir dengan berat di bawah 90 kg?
Terlepas dari pengandaian ini, yang penting diingat kembali. bahwa semua kelebihan itu hanya tinggal kenangan jika yang hadir di pasar adalah versi Viper yang sangat standar. Jok, lampu depan, upsidedown, hingga pernik-pernik seperti jenis knalpot, speedometer, dan finishing tangki akan beda. Mungkin saja kontroversi yang beredar selama ini memang sengaja digulirkan YMKI selaku ATPM untuk mengetahui selera pasar dan mencari definisi model yang lebih tepat. Dan, semoga saja nasibnya, dari sisi tampilan maupun penjualan, sebaik MX 135 dan bukan seperti Thunder 125!
Spesifikasi Viper (Tentatif):
Type : air cooled 4 stroke SOHC
Bore X Stroke : 54 X 54
Transmission : Constant mess 5 speed
Front suspension : telescopic Fork
Rear Suspension : Swing Arm
Front Brake : Hidrolik single disc brake
Rear Brake : Drum Brake
Front tire : 70/100-19 42M
Rear Tire : 90/100-16 52M
Over all dimension : 1885 mm X 795 mm x 1085 mm
Seat Height : 805 mm
Wheel base : 1270 mm
Minimum Ground Clerance : 295 mm
Fuel capacity : 6.6 Gallons
Dry Weight : 84 Kg
Yamaha V Ixion Downgrade Atau Viper Facelift Kafemotor ...
Yamaha viper 150, bung!!! | kafemotor, Yamaha viper 150, bung!!! januari 26, 2007 posted by ilham in motor baru, otomotif. trackback. sepertinya saya harus menjawab
Yamaha V Ixion Downgrade Atau Viper Facelift Kafemotor
Here i will explain about yamaha v ixion downgrade atau viper facelift kafemotor . Many people have talked about Yamaha viper 150, bung!!! kafemotor.
Yamaha V-Ixion Downgrade atau Viper Facelift? | KafeMotor
Yamaha V-Ixion Downgrade atau Viper Facelift? Januari 9, 2007 Posted by ilham in Motor Baru, Otomotif. trackback. Jangan kecewa jika Yamaha V-Ixion yang
Yamaha V Ixion Downgrade Atau Viper Facelift Kafemotor ...
Read details information about Yamaha V Ixion Downgrade Atau Viper Facelift Kafemotor and get hot news related Yamaha V Ixion Downgrade Atau Viper Facelift Kafemotor
Yamaha V Ixion Downgrade Atau Viper Facelift Kafemotor ...
Yamaha viper 150, bung!!! januari 26, 2007 posted by ilham in motor baru, otomotif. trackback. sepertinya saya harus menjawab sendiri pertanyaan sebelumnya.
ada 6 Yamaha Vixion Downgrade Atau Viper Facelift Kafemotor
Yamaha Vixion Downgrade Atau Viper Facelift Kafemotor pada hari ini saya ingin membagikan beberapa model sketsa atau cover perihal size KB serta nilai resolusi yang
Yamaha V Ixion Downgrade Atau Viper Facelift Kafemotor
Hasil polling desain honda cb150r vs yamaha new vixion, Hasil polling desain honda cb150r vs yamaha new vixion november 2, 2012 posted by iwanbanaran in : honda
Yamaha V Ixion Downgrade Atau Viper Facelift Kafemotor Terbaru
yamaha v ixion downgrade atau viper facelift kafemotor adalah salah satu topik terbaik pada tanggal 15-11-2014 jam 22:16:02 yang dipublikasikan oleh serbafoto.com
Yamaha V Ixion Downgrade Atau Viper Facelift Kafemotor ...
Yamaha v ixion downgrade atau viper facelift kafemotor Apply For Buy Get Yamaha v ixion downgrade atau viper facelift kafemotor promo items with huge discounts up
Yamaha V Ixion Downgrade Atau Viper Facelift Kafemotor ...
Yamaha v-ixion downgrade atau viper facelift? | kafemotor, Wow yamaha semakin di depan dan selalu terdepan donk!!! kbr munculnya viper akan menggemparkan tanah air
ConversionConversion EmoticonEmoticon