Siapa yang ga tahu RX-King. Itu lho motor 2 tak yang terkenal pas tahun 1980-an ama 1990-an sebagai motornya penjambret. Kalau diitung-itung motor ini panjang umur juga ya di Indonesia. Keluarnya tahun 1983 dan discontinue 2008, wogh berati 25 tahun masa produksi tanpa perubahan body yang berarti waooow Dan kalau ditambah RX-K yang masuk Indonesia, berati umur motor ini 32 tahun, soale RX-K dijual di Indonesia oleh YMKI pada 1980. Lho lho kenapa mbahas RX-K sekalian? karena konon motor ini mesinnya hampir sama persis ya seperti Supra 125 dan Honda Kharisma lah.
RX-K pada mulanya adalah proyek Yamaha di Jepang buat membuat motor dengan cc-kecil tapi larinya kayak Harley Davidson. Pada 1970 dikembangkanlah RX-K 135cc, tapi katanya RX-K ga berumur lama di Jepang, makanya sekarang sendiri susah cari peninggalan RX-K di Jepang. Btw kabarnya jaman dulu anggota gangster Yakuza suka naek RX-K lho ya katanya orang-orang Jepang yang udah tua lho.
Ceritanya berlanjut di Indonesia (ya RB92 aja lahrinya 1992 hehehe) pada tahun 1980, YMKI memasukan motor RX-K 135cc (pasnya sih 132cc), yang menjadi saingan Honda GL125. Karena RX-K 2 tak 135cc dan GL125 ya 125cc 4 tak, jelas GL125 kalah di aspal, namun mungkin masih menang di penjualan (yang senior dan yang tahu monggo coment). Kalau buat ukuran tahun 1980 power RX-K yang 17,5Hp @ 7500rpm dan bisa digas sampe 150kph itu sudah kencang sekali. Tapi kenapa penjualannya kok gak menggembirakan? mungkin awal tahun 1980-an masih jaman kejayaannya sport Honda (dengan GLSeries, CBSeries CB100 generasi terakhir, dan CG Series), maka mungkin Yamaha RX-K kurang laku, Gak heran umur RX-K ini pendek, mulai masuk 1980 dan selesai produksi tahun 1983 pokoknya sampai RX-King dilaunching.
Nah aslie, YMKI sudah merencanakan kelahiran RX-King, soale gini, YMKI pas jaman itu survey. Orang Indonesia itu maunya sepeda motor yang kayak apa seh? Setelah melakukan survey di seluruh penjuru Indonesia akhirnya disimpulkan. Orang Indo mau motor 2 tak yang irit, larinya buanter, tarikannya maknyussss, dan bisa nanjak seperti motor 4 tak. Sim salabim lahirlah RX-King dengan spesifikasi seperti berikut ini :
Tipe Mesin : 2 Langkah, Air Cooled
Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm
Volume Silinder : 132 cc
Perbandingan Kompresi : 6,9 : 1
Kopling : Manual, Basah, Multiplat
Susunan Silinder : Satu/Miring
Gigi Transmisi : 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5
Karburator : VM 26 x 1 MIKUNI
Kapasitas Oli Samping : 1 Liter
Baterai : GM 3-3B/12,3
Busi : BP 8HS-10
Sistem Pengapian : CDI
Sistem Pelumas : Autolube
spek copas dari : http://yrki.forumotion.com/t5-spesifikasi-yamaha-rx-king)
Woke tarik kopling oper perseneleng
RX-King dirancang oleh orang-orang Konoha Jepang yang namanya : Nobuo Aoshima, Chikao Kimata, dan Motoaki Hyodo. Konon katanya para partisipan riset langsung melongo dan terkesima melihat RX-King awal. Ngomong-ngomong pemberian nama King adalah harapan agar motor (yang dulu) baru itu jadi raja jalanan.
Lha terus bedanya RX-King ama RX-K apa?
nah setahu saya, bedanya RX-King dan RX-K adalah (koreksi kalau salah) :
- RX-K masuk duluan jadi umurnya lebih tua dari RX-King hehehe :mrgreen:
- RX-K rakitan jepang dan masuk secara Built Up, sedang RX-King sudah CKD, kalau ada yang bilang King Cobra itu masih rakitan jepang, yang utuh dari Jepang itu blok mesinnya, dirakitnya ya tetep di Indo hehehe :D
- RX-K itu ada half fairingnya, jadi aslie punya batok lampu kayak RX-Z (cuma desainnya klasik poll), RX-King itu naked bike. Secara desain tangki, tangki RX-K lebih membulat daripada tangkinya RX-King yang agak kotak
- RX-King udah pake teknologi YEIS, sama kayak RX-Special dan Yamaha Tiara yang muncul bertahun-tahun-tahun-tahun kemudian (kalau diitung dari kalender 1983 lho ya). Jadi gosipnya RX-King agak irit (katanya oom Extra kapanane sih 1:35)
Apa itu King Cobra, King Master, dan New King
Nah sak tauku sisan, RX-King Cobra itu RX King model awal. Namanya aslie cuma King, cuma karena pake stang model leher ular kobra, makanya namanya King Kobra dan spedometernya masih kotak alias kubus. Tahun 1980-an kan stang model leher kobra kan lagi ngetren (kalau sekarang stang model jepit ala cafe racer yang ngetop) hehehe. King Cobra, kode blok mesinnya Y1 dan Y2. Terus dibuat tahun 1983-1991.
King Master, RX-King pengganti King Cobra, kurang paham sih kalau dari sisi body perbedaanya, tapi kalau di mesin, kode blok mesinnya Y1-Y4. Katanya Y1-74 itu buatan Indonesia alias Yamaha Pulogadung. Versi ini katanya dibuat tahun 1992-2001, hmm lumayan lama yo hahaha hehehe hohoho
Terus antara tahun 2001-2006, RX-King spedonya udah bulat, pokoknya keren dah, terus stripingnya juga udah mulai modern sejak tahun 2002. Ciri khas King versi ini adalah headlamp-nya yang agak oval dikit. Oh ya, kalau RX-King yang lama di tangkinya ada tulisannya YAMAHA (jelas pake font Impact :mrgreen:) dan tulisan RX-King model font berbuntut (serif semi dekoratif) di tutup accu-nya, terus yang tahunnya lebih muda, Tulisan RX-King Sans-Serif di tangkinya dan Tulisan Yamaha yang lebih kecil di tutup accu-nya, tapi ga tau itu sejak tahun berapa pindah posisi :mrgreen:
Yang terakhir adalah New RX-King, versi terakhir ini ga ada asepnya, karena sudah pake filter EURO2 diknalpotnya, dijual sama penerusnya yaitu Vixion (beberapa blogger bilang kalau penerus King itu Scorpio, gtw mana yang bener hehehehe). Efek dari regulasi EURO2 di King selain knalpotnya tidak berasap adalah semakin kecilnya tenaga New RX-King. Dalam penampilannya New RX-King headlamnya bulat (mbalek lagi kayak Headlamp RX-100 ama RX-125 :mrgreen:) stripingnya keren, seinnya dah model Vixion lawas, knalpotnya model baru, sayang lampu belakangnya masih persegi ala motor tahun 80-an.
Tapi dengan segala kelebihan RX-King, motor ini aslinya juga ada yang lebih banter. Mungkin kalau tahun 1983, King Cobra paling banter di Indonesia, tapi 1984, Kawasaki Binter AR-125 2 tak 125cc keluar dan konon lebih buas dari RX-King, sayang umurnya pendek karena ATPM-nya juga tutup tahun 1986 (note : ATPM-nya bukan KMI tapi Bintang Terang-nya Edi Tansil hehehe). Selain itu mesinnya juga konon katanya gampang panas, bisa sih dibuat touring (tenaga dan speednya juga cukup kok hehehe :mrgreen:) tapi harus sering mandek-mandek, bukan ridernya yang disuruh ngaso, tapi motornya ngaso sek, nek gak gitu iso overheat.
Selain itu, kenapa King Cobra lebih dicari daripada King Master keatas, karena ada gosip blok mesin Yamaha Pulogadung (YP) kualitasnya tidak sebagus Y1-Y4 dan yang tanpa Y-Y-an (blok mesin tua punya RX-K). Kurangnya lagi, sebelum tahun 1995 (kalau ga salah), rem RX-King depan masih cakram 1 piston, dan belakangnya, tahu sendiri kan tromol ya masak motor banter rem belakangnya tromol. Tapi katanya rem tromolnya oke kok :roll: (bingung dewe jadine)
Kenapa RX-King (terutama yang pas jaman knalpot ngebul) laku
Sederhana, menurut opini ane, RX-King walaupun bukan paling banter di Indo (ingat RGR, Ninja, RX-Z, Honda NSR, Yamaha TZM150) tapi kan sudah diitung banter kan. Lagipula orang Indonesia kalau dilihat lihat suka ama motor yang : kenceng, murah, irit, dan sparepartsnya murah. Jaman dulu pilihannya ada 3, GL-Max dan GL-Pro, RX-King dan Suzuki RG (bukan RG-R lho ya). Masalahnya Harga GLMax/Pro kurang lebih sama dengan RX-King tapi dengan lari yang masih kalah, makanya di daerah pesisir RX-King lebih laku, kalau dipegunungan ya GL-Max yang enak buat nanjak laku. Jadi dengan tenaga yang besar dan harga yang masuk akal, RX-King laris manis.
Ga percaya, susah lho nemuin iklan RX-King dan GL-Max di mbah Google, ada nih satu, ya kalau jarang diiklankan, berati motor itu nek ga laku keras atau tambah ga payu blas. Kalau misal RX-King ga laku tapi masih banyak RX-King kuno yang seliweran di jalan kok.
Oh ya nih iklannya RX-King, nemu 1 ama iklannya Yamaha lain heheh
Nasib RX-King sekarang
nah seperti nasib motor tua kebanyakan, selain dipelihara dengan baik dan benar oleh penghobi RX-King yang memang jumlahnya uakeh, kadang juga sepintas kelihatan motor ini dibuat angkut barang rombeng. Serius, motor ini kadang dibuat ngangkut sayur, ngangkut krupuk dan laen-laen. Tapi beberapa RX-King dimodif abis-abisan, bahkan cenderung trondol.
Dan seperti motor bertenaga lumayan gede pada umumnya, kalau jatuh di tangan rider 4L@y, ya dibuat ugal-ugalan ga karuan. barusan tadi pagi lihat Rider RX-King alay didepan mata, hampir aja nabrak angkot tuh orang ckckck :twisted:
Harga jual RX-King
karena sudah didiscontinue, maka RX-King ga ada yang baru alias sudah seken semua hehehe. Nah bagi yang minat beli RX-King seken. Harganya beda-beda. Maksude di tiap daerah beda-beda. Di kaskus, kapanane ada yang jual RX-K tahun 1981, katanya udah full modif dengan mesin RX-King, mintanya 17 juta nego :roll: (what mahal amat ya nyak babe ya) Di Jakarta harganya super murah, Yang tahun 1996 harganya Rp 3.5juta doank, kalau yang di Surabaya, kapanhari lihat iklan baris, tahun 1996 mintanya Rp 5 juta bisa nego (ga nelpon sih, kan ga ada rencana beli hehehe) ama ada tahun 1991 mintanya Rp 3,5juta bisa nego (konon kata papa, orang Surabaya lebih seneng ama RX-Special soalnya RX Special cc-nya lebih kecil jadi jauh lebih irit. Nek di Jogja ama Medan, harga RX-King seken masih tinggi-tingginya dan konon sudah masuk taraf ga masuk akal. Woow, keren.
RX-King, legenda raja jalanan - redbike92 | Paling MINUS ...
Nasib RX-King sekarang. nah seperti nasib motor tua kebanyakan, selain dipelihara dengan baik dan benar oleh penghobi RX-King yang memang jumlahnya uakeh
Rx King Legenda Raja Jalanan Redbike92 Paling Minus | Best ...
Rx-king, legenda raja jalanan - redbike92 | paling minus, Nasib rx-king sekarang. nah seperti nasib motor tua kebanyakan, selain dipelihara dengan baik dan benar oleh
Rx King Legenda Raja Jalanan Redbike92 Paling Minus ...
Relate Post RX-King, legenda raja jalanan - redbike92 | Paling MINUS Nasib RX-King sekarang. nah seperti nasib motor tua kebanyakan, selain dipelihara dengan baik
RX King | redbike92
Paling MINUS bicara otomotif Tentang yang punya; Search. GO. RSS Feed; Twitter; Tag Archives: RX King. March 22, 2012. RX-King, legenda raja jalanan. Siapa yang
Motor Rxking Paling Kencang 2013 | Berita Teraktual
Rx-king, legenda raja jalanan - redbike92 | paling minus, Tapi dengan segala kelebihan rx-king, motor ini aslinya juga ada yang lebih banter. mungkin kalau tahun 1983
papas motor rx king
RX-King, legenda raja jalanan redbike92 | Paling MINUS 3/22/2012 · Nasib RX-King sekarang. nah seperti nasib motor tua kebanyakan, selain dipelihara dengan
Baru Paham Jenis Jenis Helm Redbike92 Paling Minus | Watch ...
Rx-king, legenda raja jalanan - redbike92 Baru Paham Jenis Jenis Helm Redbike92 Paling Minus . Please try again with some different keywords. Recent Posts;
Www Yamaha Wz Cantik | iklane.info
Dongengnya yamaha f1z - redbike92 | paling minus bicara, Maaf baru posting hehehe, bukan ga onok ide, Rx-king, legenda raja jalanan - redbike92 | paling minus,
Rx King Legenda Raja Jalanan Redbike92 Paling Minus ...
India News and Headline Update. Home; Business; Finance; Politics; Entertainment. Celebs; Health; Sports; Technology. Automotive
Rx Spesial 115
Rx-king, legenda raja jalanan - redbike92 | paling minus, Nasib rx-king sekarang. nah seperti nasib motor tua kebanyakan, selain dipelihara dengan baik dan benar oleh
ConversionConversion EmoticonEmoticon