Bedah New Shogun dari Suzuki Jelajah Negeri KafeMotor

Posted by ilham in Komentar Pilihan, Motor Baru, Sharing.
trackback

dsc06330.jpgBy Girifumi

Suzuki Jelajah Negeri part 3 ini diakhiri dengan gelaran acara Fun Bike yang diselenggarakan di PRJ Kemayoran, ini diikuti pula program servis ringan gratis plus ganti oli oleh Enduro 4T. Program servis ini mengorbankan konsumen sepedamotor Suzuki karena pada hari Minggu mayoritas mekanik ditarik ke PRJ, pilihannya bengkel buka setengah hari atau tutup sama sekali!

Indomobil meng-klaim produknya ini tidak sekadar ganti casing, casing pada umumnya dikenal pada ponsel. Mungkin ini ditujukan pada produsen merek tertentu yang konsisten mengeluarkan produk dengan basis mesin yang sama. Dengan dirilisnya bebek 4 tak 125 cc kembali gendering perang dengan Honda kembali ditabuh, itu dari segi penjualan. Sejak kelas 100-110 cc keduanya head to head, nyaris saja New Shogun menjadi market leader. Naik kelas 125cc, keduanya bertemu lagi.

Sedangkan dari segi racing, tentunya cukup lama juga Suzuki menahan malu dihajar satu jenis motor New Jupiter Z di kelas aslinya 110 cc, dan kelas yang mengharuskannya di bore up. Bagaimana dengan Kawasaki Zone 125? Tanpa mengurangi rasa hormat, bebek ini tak terlalu bergerak di pasar. Selain image buncit di big four kelas dunia juga tidak intens membina balap yang mempertandingkan dengan merek lain. Keukeuh dengan OMR di seputaran Jawa Barat tak akan mempengaruhi penjualan secara signifikan. Padahal sejatinya di kelas MP5 yang mempertahankan banyaknya komponen yang harus standard, secara logika Blitz mampu berbicara. Mungkin jawaban calon penggunanya tak berbeda dengan calon pengguna Honda, tanpa dukungan ATPM ngapain harus ngoyo?

Btw, mbalik maning ning laptop aka topik semula. Apa saja yang berbeda, yang ditawarkan oleh Suzuki kali ini, kita buka satu persatu:

dsc06334.jpgBody, alias casing! Nomer satu yang harus dicermati. Tren lampu sein di sayap semakin kuat. Ini adalah motor bebek Suzuki kedua setelah Smash. Fitur yang umum dipakai, yakni lampu senja kini hadir pula di FL 125. Mengenai body, mungkin bisa dibilang hanya perampingan versi terdahulu. Perubahannya tidak sebanyak yang dilakukan AHM pada Karisma kemudian beralih wujud ke Supra X125.

Kemudian, pihak Suzuki begitu memperhatikan akan kebutuhan balap. Setidaknya perubahan pada dua sector, tabung sokbreker depan dan sudut valve pada mesin.

Tabung sokbreker depan yang mengingatkan kita akan suspensi upside down. Optimis, para pengguna Shogun 125 yang bermain di road race tidak akan lagi memakai produk Suzuki Satria 120R namun tetap mempertahankan aslinya, New Shogun 125R. Fork slider dengan volume yang lebih besar membuatnya lebih mumpuni dibandingkan generasi pendahulunya.

Lalu, sudut valve dibuat lebih sempit ini memungkinkan penggunaan valve yang lebih besar. Kemudian dipasangnya engine balancer yang mereduksi getaran.
Mengenai ergonomic, tren setang kemudi lebih pendek juga diterapkan pada New Shogun 125R memungkinkan maneuver yang lebih tajam.

New Shogun 125 sendiri dirilis dalam tiga varian yaitu: New Shogun 125R, kemudian RR (double R), dan terakhir SP. Varian pertamalah yang dijajaki kemampuannya menerobos belantara nusantara.

Versi double RR, merupakan versi velg racing versi R. Tidak itu saja, rem depan diameter besar dan rem belakang sudah cakram hidrolik single piston dari Nissin, produsen brake terkemuka asal Jepang. Persis yang ada pada FU 150. Nissin sendiri secara dunia, kelasnya di bawah Brembo, Brembo yang asli lho
Versi ini jawaban atas dua tantangan yang disodorkan oleh AHM, yaitu Supra X125R (velg CW dari Enkei) dan Supra X125DD, Double Disc, rem belakang cakram. Kopling manual tidak semua orang suka, terlebih ABG yang gelagapan bila tarik-lepas tuas kopling tidak senada-seirama dengan putaran gas.

Belakangan, AHM bakal merilis velg racing dengan cakram belakang. Ah. . tampilan masih sporty, Shogun karena dimensi cakram depan lebih besar.
Sedangkan SP, seperti pendahulunya ditujukan bagi penikmat akselerasi spontan, velg dan brake seperti yang dianut RR hanya saja sudah dilengkapi kopling manual, perpindahan gigi 1-N-2-3-4, dan sok breker belakang versi heavy duty, yang mampu menahan redaman lebih baik dari standar. Dengan memberlakukan secara benar, maka dijamin konsumsi bensin akan lebih irit terlebih ada teknologi terobosan dari Suzuki. Satu nilai lebih dari SP (Sport Production) dibandingkan dengan generasi sebelumnya adalah dilengkapi dengan tombol electric starter.

Soal ini kelihatan sepele bukan? Apalagi yang terbiasa dengan motor sport. Namun, sewaktu touring ke Bogor hari Sabtu, 4 Agustus 2007 salah seroang rekan yang terhenti di palang pintu KA mesin Shogun 125SP-nya mati, waktu yang dibutuhkan untuk menendang kick starter lebih lama ketimbang menekan tombol, belum lagi kewajiban gigi harus netral. Masalah indicator gigi perseneling, ada yang pernah bilang banci bukan? Disinilah kelebihannya tidak perlu mengira-kira gigi berapa sekarang?asal tahu saja, standar moge sudah dilengkapi hal yang sejenis. Malah yang bisanya hanya indicator N dan Top Gear-lah yang kuno.

Sejak awal dirilis tahun 2003 akhir, Shogun 125 dihajar habis-habisan oleh competitor terutama soal konsumsi bahan bakar. Supra X125 merupakan revisi dari Karisma X yang juga pembaruan dari Karisma yang berbodi bohay. Ketiganya sudah dilengkapi teknologi pengirit bahan bakar, jadi angka yang biasa ditembus bebek 100 cc bisa dilampauinya. Hebat bukan kecanggihan akan teknologi?

Kemudian ada lagi Kawasaki ZX 130, motor yang berbagasi paling lapang ini juga telah dilengkapi kelengkapan Supra X125 yaitu Throttle Positioning Sensor. Begitu pula BBB dari Yamaha, yang ini Bukan Bebek Biasa Jupiter MX135 pun menganut teknologi yang sama.

Alhasil, pengguna Shogun selain dirasa berat (umumnya orang membandingkan dengan New Shogun) juga konsumsi bahan bakar yang amat-sangat boros.
Kemudahan lainnya adalah estetika panel body sebelah kanan yang biasanya diganggu dengan lubang kunci jok ditiadakan. Lalu? Kunci jok cukup diakses lewat kunci kontak. Mengingatkan akan skuter matik.

Nilai minusnya?
Tidak lagi dilengkapi dengan speedometer digital. Meski sekarang panel instrument lebih informative (indicator sein kiri dan kanan kini terpisah) dengan desain menawan Mungkin tak banyak yang menyangka bila selama ini Shogun 125 mempergunakan speedo digital, jarumnya saja yang berbentuk analog sedangkan sejatinya mempergunakan sensor yang dikonversi menjadi analog lagi. Fungsi digital lainnya yaitu tripmeter (pengukur jarak) dan indicator bahan bakar yang berupa logo bar (batang).

Bagi sebagian orang, penghilangan pemanis LED pada rear grip menjadi nilai minus, namun bagiku malah bagus. Tidak ada manfaatnya. Malah sekarang dilengkapi dengan lampu untuk menerangi pelat nomer yang terlindung dalam kotak hitam. Tadinya heran, apa fungsinya?
Satu lagi, Suzuki Siam yang selama ini konsisten menamai produknya dengan nama Best. Kini mengikuti jejak Indonesia dengan memberi nama Jenderal aka Shogun!

Mengenai perbedaan nama sedari dulu Negara kita selalu berbeda dengan negeri tetangga, sebut saja Yamaha Jupiter di Thai Yamaha Spark baik itu versi Z mau MX. . Honda Wave disini berganti dengan Supra. Smash cukup konsisten meski untuk versi yang terbaru, Indonesia memberi nama New Smash sedangkan Suzuki Thailand melabeli Smash Revolution.

Ada indikasi apa ini? Any opinion? Soal test ride, I really sorry. Gw telat bro, sesi test ride resmi ada pagi hari, sedangkan gw baru tiba di lokasi jam setengah empat karena satu dan lain hal yang teramat penting dalam hidupku. Benarnya ada kesempatan itu, cuman pelit aja orang Indomobil, he3x Just kidding, tapi kalo dikasih kesempatan nge-test gak nolak kok gw. .[]

Foto: by Girifumi

 


Bedah New Shogun dari Suzuki Jelajah Negeri | KafeMotor
Bedah New Shogun dari Suzuki Jelajah Negeri Agustus 8, 2007 Posted by ilham in Komentar Pilihan, Motor Baru, Sharing. trackback. By Girifumi. Suzuki

Bedah New Shogun Dari Suzuki Jelajah Negeri Kafemotor ...
Best Place to get latest news about Bedah New Shogun Dari Suzuki Jelajah Negeri Kafemotor and read our Bedah new shogun dari suzuki jelajah negeri | kafemotor,

ada 6 Bedah New Shogun Dari Suzuki Jelajah Negeri Kafemotor
seorang ada 6 Bedah New Shogun Dari Suzuki Jelajah Negeri Kafemotor inspirasi desain interior rumah minimalis Bedah New Shogun Dari Suzuki Jelajah Negeri

Bedah New Shogun Dari Suzuki Jelajah Negeri Kafemotor ...
Best Place to Download PDF about Bedah New Shogun Dari Suzuki Jelajah Negeri Kafemotor and read our other news related to Bedah New Shogun Dari Suzuki Jelajah Negeri

Bedah New Shogun Dari Suzuki Jelajah Negeri Kafemotor
Bedah New Shogun Dari Suzuki Jelajah Negeri Kafemotor. Here you can read more about Bedah New Shogun Dari Suzuki Jelajah Negeri Kafemotor. Many people have talked

Bedah New Shogun Dari Suzuki Jelajah Negeri Kafemotor
Here i will explain about bedah new shogun dari suzuki jelajah negeri kafemotor . 2007 posted by ilham in komentar pilihan, motor baru,

Bedah New Shogun Dari Suzuki Jelajah Negeri Kafemotor
bedah new shogun dari suzuki jelajah negeri kafemotor . New modenas:generasi terkini gt 128 affordable price,

Bedah New Shogun Dari Suzuki Jelajah Negeri Kafemotor
Read Bedah new shogun dari suzuki jelajah negeri kafemotor and download Bedah New Shogun Dari Suzuki Jelajah Negeri Kafemotor, motor baru, sharing trackback by

Bedah New Shogun Dari Suzuki Jelajah Negeri Kafemotor
bedah new shogun dari suzuki jelajah negeri kafemotor . New modenas:generasi terkini gt 128 affordable price, New modenas:generasi terkini gt 128

Bedah New Shogun Dari Suzuki Jelajah Negeri Kafemotor Terbaru
More Results Related to bedah new shogun dari suzuki jelajah negeri kafemotor; Bedah New Shogun dari Suzuki Jelajah Negeri KafeMotor Bedah New Shogun dari Suzuki

Previous
Next Post »