Modif Pulsar Apa V-Ixion Ya? KafeMotor

Posted by ilham in Komparasi, Modifikasi, Motor Baru, Sharing.
trackback

Jika anda pemilik motor sport, modifikasi adalah menu. Hampir-hampir tak terelakkan. Apalagi jika anda terlibat dalam komunitas roda dua tertentu. Entah klub, forum, hingga komunitas motor di kantor atau domisili sekalipun. Kebutuhan untuk tampil gaya hingga fungsi sebagai petugas dalam konvoi bisa menyeret anda ke bengkel modifikasi.

Dua motor baru yang saat ini jadi buah bibir di mana-mana penting dibedah kemungkinan modifikasinya. Pulsar dan V-Ixion. Kita akan menggunakan 3 kategori yang bisa dijadikan bahan diskusi. Pertama body, kedua kaki-kaki, ketiga mesin. Mana yang lebih cantik, mana yang lebih dahsyat?

Body

Harus diakui ini sektor pertama yang sangat krusial. Cinta pada pandangan pertama kata orang. Sekali lirik anda bisa kecantol. Tinggal lanjut di belakang setelah itu.

V-Ixionsejak awal sudah terlahir cantik. Kombinasi deltabox, model body yang sporty, dan adanya water cooler jelas menunjukkan hal ini. Kalaupun ada yang kurang tinggal memberi cover mesin atau mud guard variasi agar mesin motor tak terlihat kekecilan. Juga mengganti lampu model depan agar tampak lebih macho. Setidaknya anda bisa membeli windshield agar ada sentuhan lebih. Gaya retro klasik tetap bagus, namun sudah terlalu jamak. Sejak Tiger pertama kali dipasarkan secara bebas pada 1994 di tanah air, model ini sudah dipakai. Sampai-sampai RX King edisi terakhir pun sudah menggunakannya. Jadi tak ada salahnya mengubahnya.

Bagaimana dengan Pulsar? Motor ini lahir gagah. Berbeda dengan V-Ixion yang manis, kegagahan Pulsar ditunjang banyak aspek. Mulai dari body yang terlihat kekar dan gambot. Tangki besar, sok doble pakai gas, dan lampu belakang model baru yang terkesan sporty. Tak kalah hebatnya, pamor lampu yang luar biasa. Seperti kata Agus Yanuar dari X-Ka, lampu memcerminkan karakter sebuah motor. Head lamp motor ini bergaya wolfeyes. Tudung winshilednya pun lumayan besar dan berseni. Dari depan tampak motor sangat besar, meskipun anda berjarak 100-200 meter di depannya.

Kalaupun ada yang kurang hanyalah deltabox. Tapi itu bukan masalah besar bagi mereka yang menginginkan gaya steetfighter. Motor ini didesain sport turing yang tidak butuh deltabox layaknya motor sportbike yang tulen. Kalaupun ada yang perlu ditambahkan hanyalah mud guard variasi, namun juga tidak wajib. Model dan bentuk mesin yang lumayan besar bersama-sama kelir hitam dan montase mesin yang cocok di bawah tangki sudah cukup. Mud guard variasi alias tudung mesin hanyalah untuk menyempurnakan.

Satu hal yang tidak dimiliki oleh V-Ixion dibanding Pulsar adalah speedometer digital. Meskipun masih pro-kontra, yang jelas teknologi speedo digital adalah fiitur baru. Jelas merupakan nilai plus karena mencerminkan up to date-nya sebuah produk.

Itu jika anda suka gaya streetfighter. Jika anda suka gaya sporty, maka anda tidak punya banyak pilihan. V-Ixion akan lebih gampang mengadopsi fairing. Tinggal pesan dan pasang. Deltabox akan membantu kerapian posisi pemasangan fairing. Jika anda memodif Pulsar agar tampak sporty, harus pula menambahkan deltabox atau turbular variasi.

Untuk sektor tangki, keduanya hampir-hampir sama bagusnya. Sebab V-Ixion sudah menggunakan model sport gaya, meskipun dari segi ukuran masih lumayan kecil. Sementara itu kelebihan tangki Pulsar adalah ukuran dan modelnya. Besar dan berpunuk. Tinggi di bagian yang bersentuhan dengan jok sehingga tampak sporty dengan aroma fighter.

Untuk sektor belakang bisa saja dibiarkan apa adanya. Buntut kedua motor anyar ini sudah cukup runcing. Penggunaan model lampu rem belakang pun sudah memadai untuk gaya sport. Namun jika ingin lebih ekstrim, keduanya bisa ganti model buntut yang lebih runcing, sekaligus pasang jok model susun. Pasti jauh lebih greng!!!

Kaki-Kaki

Baik Pulsar maupun V-Ixion tampil dengan kaki-kaki yang didesain bagus. Memang keduanya punya gaya berbeda, tapi sama bagusnya dari sisi model.

V-Ixion menggunakan sok depan yang sedikit punya kontur di bagian bawah dekat as roda depan. Tinggal kasih kondom sok bagian atas, sekilas akan mirip upsidedown. Di belakang ada arm monosok dengan unitrack. Kelebihan model ini tampak lebih sporty. Sayang belum aplikasi cakram belakang. Padahal velg sudah racing dan arm sudah monosok. Hampir-hampir tak akan ada ganjalan jika anda melakukan aplikasi cakram belakang. Jadi silahkan dibenahi di sana.

Velg racing V-Ixion terlihat manis. Palang lima yang mengesankan kecepatan dan terkesan ringan. Kalaupun ada kekurangan hanyalah ukurannya yang kecil. Jika anda mengaplikasi ban belakang ukuran 120, anda tetap akan melihat ban itu kebesaran untuk rim velg yang lumayan kecil. Seperti memaksakan makanan masuk ke mulut, begitu

Bagaimana dengan Pulsar? Tak kalah bagusnya. Anda disuguhi sok depan yang memiliki dua pemanis dan fungsional. Pertama, pabrikan sudah melengkapi karet anti debu, benar-benar mengimbangi tudung lampung yang besar. Juga pada bagian paling atas as sok depan disepuh kelir hitam untuk menyamarkan posisinya dibawah headlamp sekaligus mempermanis.

Bagaimana dengan belakang? Ada sok bertabung gas. Model ini sangat sporty untuk ukuran motor sport turing. Banyak diaplikasi moge bertipe ini. Dari sisi fungsi turing, tentu jauh lebih reliable. Kalaupun ada kekurangan, juga pada sisi cakram. Mungkin karena motor sport turing di bawah 250cc, jadi cakram dianggap tak terlalu siginifikan. Tapi jika anda serius melakukan modifikasi, model tromol tetap saja harus diganti.

Untuk velg, tampaknya Pulsar lebih baik. Velg depan belakang lebih lebar. Bakkan tampak lebih lebar dari milik Tiger yang cc-nya lebih besar. Juga penggunaan palang 6 bersama ukuran 17 inchi yang sudah pasti menambah kesan enteng dan cepat.

bajaj-pulsar-gold.jpgBagi yang doyan model kekar, bisa ganti velg lebih besar. Terutama untuk V-Ixion. Namun bukan perkara mudah. Menggunakan velg standar saja V-Ixion akan terasa berat dengan ban berukuran besar, apalagi jika velg dimelarkan juga. Anda harus menebus velg lebar yang ringan dan itu hanya ada pada velg moge yang bermerek. Kosekuensi harganya lebih mahal dan mencarinya tidak gampang.

Terakhir, jika anda penggemar tampilan modern, baik V-Ixion maupun Pulsar harus ganti sok depan. Bagaimanapun upsidown akan tampak lebih gagah dan gaya. Apalagi teknologi sok semacam ini sangat tangguh untuk melibas tikungan dan mengerem dengan kecepatan tinggi. Tinggal cari model yang pas, ukuran yang proporsional, dan kondisi yang masih bagus. Pasanglah di bengkel yang berpengalaman, dan semuanya beres.

Mesin

Modifikasi body dan kaki-kaki mau tak mau akan menambah bobot. Untuk urusan ini mesin akan beroleh beban lebih. Karena itu anda bisa melakukan sedikit modifikasi mesin alias korek harian (kohar).

Korek harian bukan perkara mudah. Untuk urusan mesin anda harus jauh lebih hati-hati. Apalagi jika anda pengguna V-Ixion. Banyak larangan, seperti silider yang tidak bisa dibore-up, larangan mengutak-atik kelistrikan, dan sulitnya mengorek sistem injeksi. Jadi banyak keterbatasan. Padahal inti modifikasi mesin adalah mengatur ulang pembakaran, dengan memperbaiki suplai arus listrik, memperkaya udara, dan menambah debit bahan bakar sampai-sampai keperluan memperbesar volume mesin. Semua itu sulit dilakukan pada V-Ixion. Paling tidak sulit dilakukan bengkel tuning anda selama ini.

Pulsar sebaliknya. Anda punya ruang bermain lebih besar. Anda bisa mensetting ulang karbu, melakukan pembesaran silinder (bore up dan overbore) dan memperbaiki efisiensi volumetrik, hingga menggunakan suplai pengapian lebih. Apalagi penggunaan dua buah busi ikut menambah dimensi piranti yang bisa diutak-atik. Tidak heran jika saat ini sudah ada Pulsar yang bore up hingga 335cc, hampir dua kali lipat volume mesin sebelumnya.

Kesimpulan

Jika anda memiliki V-Ixion, anda bisa memodifikasinya dengan gaya sport secara mantap. Namun anda jangan berharap banyak pada upgrade kaki-kaki, sebab akan membebani mesin. Apalagi V-Ixion dirancang lahir dengan bobot kecil sesuai tenaga dan torsinya guna mengejar efisiensi dan akselerasi. Perubahan bobot yang signifikan tidak dengan mudah bisa diimbangi oleh tenaga mesin, sekalipun anda bersikreas ingin memodifikasinya

Pulsar di lain pihak memiliki keunggulan komparatif. Mesin badak dan mampu dibore up maksimal. Itu jika anda belum puas juga dengan bawaan yang sebenarnya sudah greng. Model pun tak kalah bagusnya, terutama untuk modifikasi gaya streefighter. Lagi pula kaki-kaki yang sudah besar sejak lahir. Tinggal ganti ban yang lebih gambot atau perangkat lain. Kini anda bisa menikmatinya dengan penuh percaya diri.

Selamat membuat perbandingan sendiri dan berdiskusi!!!

Sumber Gambar:


Modif Pulsar Apa V Ixion Ya Kafemotor - OpenShift
Here i will explain about modif pulsar apa v ixion ya kafemotor . Many people have talked about Modif pulsar apa vixion ya? kafemotor. But in this post i will explain

Modif Pulsar Apa V Ixion Ya Kafemotor | Tattoo Design Bild
Modif Pulsar Apa V-Ixion Ya? | KafeMotor Motor (V-Ixion) Kita Baiknya Diisi Bensin Apa Ya? | KafeMotor My V-Ixion | ripoj ayngolb | blognya jopir Gudangnya Modifikasi

Modif Pulsar Apa V-Ixion Ya? | KafeMotor
Modif Pulsar Apa V-Ixion Ya? Agustus 5, 2007 Posted by ilham in Komparasi, Modifikasi, Motor Baru, Sharing. trackback. Jika anda pemilik motor sport

Modif Pulsar Apa V Ixion Ya Kafemotor Terbaru
More Results Related to modif pulsar apa v ixion ya kafemotor; Modif Pulsar Apa V Ixion Ya Agustus 5 2007 KafeMotor kira 2 fairing depan yang cocok untuk vixion apa

Modif Pulsar Apa V Ixion Ya Kafemotor
Read our post that discuss about Modif Pulsar Apa V Ixion Ya Kafemotor, Modif pulsar apa vixion ya? agustus 5, 2007 posted by ilham in komparasi, modifikasi,

Modif Pulsar Apa V Ixion Ya Kafemotor | Article Library
Here i will explain about Modif Pulsar Apa V Ixion Ya Kafemotor. Many people have talked about My vixion ripoj ayngolb blognya jopir. In this article you will know

Modif Pulsar Apa V Ixion Ya Kafemotor | Watch TV Series Online
Modif pulsar apa v-ixion ya? | kafemotor, Modif pulsar apa v-ixion ya? agustus 5, 2007 posted by ilham in komparasi, modifikasi, motor baru, sharing. trackback. jika

Modif Pulsar Apa V Ixion Ya Kafemotor | User Guide Manual ...
Best Place to Download PDF about Modif Pulsar Apa V Ixion Ya Kafemotor and read our other news related to Modif Pulsar Apa V Ixion Ya Kafemotor, at Usersguidesmanuals.com

Modif Pulsar Apa V Ixion Ya Kafemotor | Best Movie
Motor (v-ixion) kita baiknya diisi bensin apa ya? agustus 2, 2007 posted by ilham in komentar pilihan, motor baru. trackback. by vixionerz juli 31.

Modif Pulsar Apa V Ixion Ya Kafemotor | Terbaru 2014 ...
You are browsing the content for Modif Pulsar Apa V Ixion Ya Kafemotor

Previous
Next Post »