Frame/rangka pada motor!! 5osial's Blog

rangka pada motor kok identik dengan pipa yak? meski ada juga yang memakai model monokok ataupun model delta boxtetep aja material pipa pasti masih digunakan!!

disini begawan ingin sedikit share pengalaman saja tentang pipa.

ISTILAHdalam perkembangannya istilah pipa di dunia perpipaan ada 2 yang familiarpipa dan tubingsebagian orang menyebut kalo semua pipa dibawah diameter 2 inchi disebut tubing dan yang dimaksud pipa adalah pipa yang berdiameter diatas 2inchi.ketika dilapangan orang2 menyebut pipa dengan ketebalan 1.2mm, 1.6 mm dan 2mm adalah tubing dan pipa dengan ketebalan sesuai tabel ANSI/ASME disebut pipa schedulekedua istilah pipa ini punya kekuatan yang sangat jauh berbeda

BAHAN PIPA/TUBING dipasaran ada macam macam bahan pipa/tubingada yang berbahan carbon steel, stainless steel juga galvanis.stainless steel tentu yang paling bagus. Grade..atau spesifikasi pipa sendiri macam2 baik untuk carbon atau stainlesstergantung  kegunaanya misalnya 304,316 untuk stainless atupun ss400 , A53 untuk carbon

MOdel pipapipa memiliki 2 model berdasarkan cara pembuatannyaada yang welded (dilas) dan ada yang seamless atau tanpa sambungan dengan cara (di ekstrusi)

Bagaimana dengan pipa kotak?? sebagian rangka motor mempergunakannya..dalam bidang piping pipa kotak disebut square-tubebiasa dipake untuk frame mesin..tentu pipa ini memiliki sifat lebih rigid/kaku dibanding tubing biasa dan memiliki residual stress/tegangan sisa di ke-empat sudutnya.jadi ada kelebihan dan kekurangannya..

begawankok frame motorku ada yang sender..tidak centerpadahal gak dipake nabrak?? mungkin load/beban motor terlalu over dosis sehingga rangka berubah/terdeformasi.untuk mengecek ukuran frame dan tebelnyabisa dilihat pada tabel ANSI/ASME.

satuan diameter dan tebal pipa berdasarsch dalam milimeter (std SI)

tabel ini dulu yang dishare untuk kekuatan pipa akan dibahas lain kalisemoga bermanfaat!!

-7.885549110.330021


Previous
Next Post »