Opini: Beli Oli, Ganti Oli (2) Solusi? KPHMPH : no speed

Note: Tanpa maksud untuk menjelekkan atau mengunggulkan salah satu produk. Telah diuji coba pada motor sendiri dan resiko ditanggung sendiri jika mengaplikasikannya.

kphmph-wordpress-com mio belakang(68)

Gear Oil Yamaha Mio

menyambung artikel Opini: Beli Oli, Ganti Oli (1) . Saat beli oli Yamalube matic dan Pertamina Enduro 4T Racing 1L kemarin, saya melihat ada seseorang yang sedang beli oli Federal. dia kaget karena harganya naik. Wah apa sebab? sang penjual pun hanya bilang, dari distributor mulai naik semua. Tapi menurut saya karena Federal oil goes to Motogp. Tetap saja konsumen yang menanggung beban. Whatever lah.. selama masih mensponsori Doni Tata. Nah berikut ini adalah cara sederhana menghemat pengeluaran kita akan oli.

OLI RANTAI (CHAIN LUBE)

Memakai chain-lube atau oli rantai khusus memang dianjurkan dan oke hasilnya, tetapi sebagai warga biasa yang serba pas-pasan, oli khusus rantai terasa beban berat karena isinya yang sedikit dan cepat habis. Sedangkan kebutuhan oli rantai adalah kontinyu. Solusinya? Beli oli mesin paling murah tapi bermerek SAE API JASO apa aja boleh, tapi klo saya pakai 20W-40. Oli yang saya pakai adalah Evalube Runner 800ml ditebus dg harga Rp.18.000,- (klo beli chainlube dapat 1 biji hehe..  :P )

cara membuat: modifikasi tutup oli dengan melubangi secukupnya untuk dipasang bekas dop ban dalam motor, beri selang kecil (selang waterpass). Siap untuk dipakai melumasi rantai.

Kelebihan: Bisa dipakai berkali-kali dan berbulan-bulan. Dijamin hemat dan tidak merusak rantai karena olinya adalah oli baru.

Kelemahan: oli muncrat-muncrat dari rantai jika pertama kali rantai di-oli.. ban belakang jadi belepotan. ini bisa diatasi dengan cara jangan terlalu banyak memberikan oli pada rantai. cukup satu putaran saja. dan lap/bersihkan velg, swing-arm, dan ban belakang sesering mungkin.

kphmph.wordpress.com - oli (40)

Pelumas Rantai Modifan. Tahan berbulan-bulan.

GEAR OIL /OLI GARDAN MOTOR MATIC (SKUTIK)

Oli gardan atau gear-oil sepeda motor matic seperti mio, vario, spin memang sangat perlu, meskipun banyak yang tidak tau keberadaannya khususnya para pengguna pemula motor matic. Motor matic khususnya skutik (klo betik pake rantai) ada dua oli yg digunakan yaitu oli mesin dan oli gardan. oli mesin pergantiannya seperti biasa. sedangkan oli gardan biasanya diganti setiap 6.000km. harga mulai dari 9.000 12.000. isi 100ml 140ml SAE 10W-40 API SG.

kphmph.wordpress.com-yamalube-gold-gear-oil

Untuk bisa menekan biaya oli gardan ini belilah oli mesin dengan spesifikasi sama yaitu SAE 10W-40 (Enduro 4T, Yamalube Gold, Castrol) dan gunakan sebagai pengganti oli gardan dengan penggunaan secara periodik.

Keuntungan:

Irit biaya, Oli mesin berisi 0,8L 1 L.

Jika hanya digunakan 100ml/pergantian maka dapat digunakan 8x pergantian. jika harga per gear-oil adalah 9.000 maka 9.000 x 8 = 72.000 sedangkan harga 0,8L oli mesin adalah 30.000 jadi bisa menghemat 72.000 28.000 = 42.000.

jika oli gardan 140ml/pergantian (mio-J, Soul GT) maka 0li 0.8mL bisa dipakai untuk 5x pergantian. jika harga per gear-oil adalah 12.000 maka 12.000 x 5 = 60.000. harga oli mesin adalah 30.000 jadi bisa menghemat 60.000 30.000 = 30.000.

Kerugian:

tidak direkomendasikan pabrikan. resiko ditanggung sendiri. :roll: (tapi saya telah menerapkannya :)  )

.

SEMUA OLI SAMA

Secara teknis oli apapun pada dasarnya sama selama SAE, JASO, API sama. Tapi secara praktis tetap berbeda tergantung pemakaian dan riding style kita. Nah sebagai orang Indonesia kita tentu bangga dengan produk salah satu BUMN kita yaitu Pertamina. Memang produk lokal selalu menjadi anak tiri di negeri sendiri. Saatnya kini kita anak-emas-kan produk dalam negeri ini.

memang banyak produk oli yang beredar di Indonesia, tapi alangkah sebaiknya kita tidak terprovokasi oleh teriakan produsen yang membuat paket motor dan olinya. memilih yang terbaik adalah hak kita sebagai konsumen.

kphmph.wordpress.com-semua-oli

Oli paketan pabrikan biasanya tidak jelas siapa pembuatnya. meskipun kualitas dijamin oleh pabrikan, tetapi ketidakpuasan selalu ada. akan merugikan bangsa kita sendiri jika ternyata paketan oli tersebut dibuat oleh negara tetangga.

sudah saatnya kita beralih ke produk asli Indonesia. Mau dari manapun motornya, pelumas dan bahan bakarnya harus asli Indonesia.

wah terdengar sagat provokatif ya? Tidak masalah demi kebaikan negara ini dan anak cucu kita kelak.

mohon maaf jika ada salah satu pihak yang tersinggung atau merasa direndahkan. Sekali lagi ini bukan merendahkan produk salah satu pihak atau sebaliknya, tetapi memberi pencerahan kepada rakyat Indonesia akan pentingnya menggunakan produk lokal. Seperti ditulis KOMPASIANA .

Sebagian besar wilayah indonesia bagian barat, tepatnya pulau Sumatra, Jawa, dan Kalimantan merupakan daerah-daerah  pemasok minyak bumi dengan kualitas terbaik di dunia. Tapi masih saja Indonesia mengimpor minyak mentah dari timur tengah. Apa masih kurang?

Ironisnya berbeda dengan negara Arab yang juga penghasil minyak bumi terbesar didunia. Ketika harga minyak dunia melambung naik, warga negara arab semakin makmur. Sedangkan naiknya harga minyak dunia adalah ancaman bagi negara kita. Deretan antrean kelangkaan BBM dimana-mana, demo, protes keras dan banyak lagi gonjang-ganjing yang terjadi.

Negara Pengimpor

Indonesia sebenarnya bukanlah negara penghasil minyak. Tetapi pengimpor minyak. bahkan diperkirakan Indonesia akan menjadi negara net importir minyak terbesar di dunia. Hal ini seiring dengan menurunnya jumlah produksi minyak mentah di negara kita. Bahkan Indonesia saat ini sudah resmi keluar dari keanggotaan OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) dan menjadi anggota OPIC (Organization of the Petroleum Importing Countries).

Saat ini saja penghasilan minyak mentah dari negara kita adalah sekitar 900.000 barel perhari, sedangkan kebutuhan konsumsi minyak di negara kita adalah mencapai 2 juta barel per harinya. Inilah yang menjadi alasan negara mengimpor minyak dalam jumlah yang besar per harinya. Jadi, sebagian besar minyak yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri adalah minyak impor.

Kualitas OKE

Sebenarnya jika ditinjau dari segi kualitasnya, minyak mentah di negara kita jauh lebih baik dari minyak impor yang berasal dari negara arab. Bahkan hasil residunya sangat sedikit menghasilkan aspal. Tetapi minyak dengan kualitas bagus ini bukan dinikmati untuk negeri sendiri. Minyak tersebut dijual, kemudian negara akan membeli minyak mentah dengan kualitas biasa dan dapat lebih banyak sehingga kebutuhan minyak di dalam negeri terpenuhi.

Selain untuk memenuhi kebutuhan minyak perharinya, kualitas minyak mentah yang diimpor juga menghasilkan residu berupa aspal yang lebih banyak dibandingkan minyak yang  kita ekspor. Katanya sih aspal ini yang dipakai membangun jalan-jalan di daerah pelosok.

Pantas saja jika harga minyak dunia naik, pemerintah seperti kebakaran jenggot. Namun kejanggalan negara ini adalah, sudah tahu kita mengimpor minyak dari luar negeri masih saja mensubsidi BBM. Padahal biaya subsidi BBM yang harus dikeluarkan sampai triliunan rupiah setiap tahun.

Kandungan minyak negara kita hanya 0,3% di dunia, dan gas hanya 1,7% di dunia, jadi bijak-bijaklah menggunakan minyak dan bahan bakar. Terutama yang bersubsidi.

gambar: private & google.


Opini: Beli Oli, Ganti Oli (2) Solusi? | KPHMPH : no speed ...
menyambung artikel Opini: Beli Oli, Ganti Oli (1). Saat beli oli Yamalube matic dan Pertamina Enduro 4T Racing 1L kemarin, saya melihat ada seseorang yang

Opini: Beli Oli, Ganti Oli (1) | KPHMPH : no speed limit!
bersambung ke Opini: Beli Oli Ganti Oli (2) Solusi? Pingback: Opini: Beli Oli Ganti Oli (2) Solusi? | kph mph : no speed limit! indo oto blog. joko says:

Opini Beli Oli Ganti Oli 2 Solusi Kphmph No Speed | News ...
Opini: beli oli, ganti oli (2) solusi? | kphmph : no speed, Menyambung artikel opini: beli oli, ganti oli (1). saat beli oli yamalube matic dan pertamina enduro 4t

Opini Beli Oli Ganti Oli 2 Solusi Kphmph No Speed
Opini Beli Oli Ganti Oli 2 Solusi Kphmph No Speed. Kali ini Kabar Pilihan akan berbagi artikel mengenai Opini Beli Oli Ganti Oli 2 Solusi Kphmph No Speed , artikel

Opini Beli Oli Ganti Oli 2 Solusi Kphmph No Speed | Manual ...
Opini: beli oli, ganti oli (2) solusi? | kphmph : speed, Menyambung artikel opini: beli oli, ganti oli (1). saat beli oli yamalube matic dan pertamina enduro 4t

Opini Beli Oli Ganti Oli 2 Solusi Kphmph No Speed | Manual ...
Menyambung artikel opini: beli oli, ganti oli (1). saat beli oli yamalube matic dan pertamina enduro 4t racing 1l kemarin, saya melihat ada seseorang yang.

Opini Beli Oli Ganti Oli 2 Solusi Kphmph No Speed
Here i will explain about opini beli oli ganti oli 2 solusi kphmph no speed . Many people have talked about Opini: beli oli, ganti oli (2) solusi?

Opini Beli Oli Ganti Oli 2 Solusi Kphmph No Speed
Here i will explain about opini beli oli ganti oli 2 solusi kphmph no speed . Many people have talked about Opini: beli oli, ganti oli (2) solusi?

top 10 Opini Beli Oli Ganti Oli 2 Solusi Kphmph No Speed
Related Post Opini Beli Oli Ganti Oli 2 Solusi Kphmph No Speed

Cara Ganti Oli Gardan Mobil Dan Harganya Berita Otomotif ...
Read more on Opini: beli oli, ganti oli (2) solusi? kphmph : no speed. Oleh: arantan maret 19, 2012 cara mengemudi mobil matic, mudah dan aman kok.

Previous
Next Post »