Menanti Para Raja di Kelas 250cc KafeMotor

Posted by ilham in Motor Baru, Otomotif.
trackback

Pertengahan tahun adalah saat yang paling tepat untuk memprediksi ulang motor-motor yang akan meluncur di akhir tahun hingga awal tahun depan. Bukan rahasia lagi jika memang para ATPM banyak mengeluarkan jagonya pada masa-masa tersebut. Kalaupun bukan produknya, paling tidak contohnya. Maklum, angka penjualan tertinggi sepeda motor diperoleh di semester kedua hingga akhir tahun (kwartal 3 dan 4). Model dan tipe yang menarik hati konsumen akan bertahan hingga tahun berikutnya. Ini juga berarti pemasukan yang bagus dari sebuah produk yang sukses. Nah, motor apa saja yang akan keluar?

Kita tidak akan membahas keseluruhan motor, tapi motor apa yang akan menjadi andalan terbaru untuk meraih image dan angka penjualan sekaligus. Untuk itu kita akan meninggalkan diskusi soal skutik yang begitu ramai pada tahun 2006 atau motor sport ringan yang begitu panas di tahun ini. Juga kita tidak akan membahas bebek yang selalu bersinar setiap tahunnya. Mari kita bahas battlefield yang akan diisi motor-motor sport ber-cc maksimal di kelas 250cc.

Mengapa Motor Sport 250cc?

Salah satu alasannya karena sejumlah pabrikan sudah memberi isyarat akan diproduksinya andalan mereka di kelas ini. Alasan lain, untuk meraih imej maksimal dalam dunia motor sport, produk yang bermain di kelas terberat ini akan menjadi flagship. Di samping itu, dengan pajak legalisasi moge bodong yang masih tinggi dan mahalnya moge built-up, maka varian motor yang cukup substitutif dari sisi tampilan dan performa berada di kelas ini. Catatannya hanya satu, volume cc harus dikembangkan bersama-sama dengan konfigurasi mesin, penggunaan katup ganda, bahkan silinder lebih dari satu, hingga tidak melupakan sistem pengabutan injeksi dan fitur yang serba terkomputerisasi.

Kelebihan motor dengan cc lumayan besar ini jika ditunjang teknologi terkini, antara lain, adalah peningkatan tenaga dan torsi yang ujungnya pada kecepatan. Selain itu, perbaikan sasis digadang-gadang akan semakin menyempurnakan performa. Dengan semakin pentingnya penggunaan sasis turbular yang kokoh dan deltabox yang ringan, maka pengendalain motor juga akan semakin baik. Manuver dan pengereman di berbagai medan jalan akan mendatangkan kepuasan pengendaraan yang optimal. Apalagi jika revolusi model dan fitur tidak berhenti, maka bisa dipastikan akan menjadi daya tarik besar bagi biker yang semakin mengarah pada transformasi hobby menjadi gaya hidup baru yang sehat dan menyenangkan.

Andalan Pabrikan

Bagian tersulit dari prediksi motor di semester kedua ini terletak pada kuantitas dan kualitas informasi. Hampir jadi tradisi bahwa pabrikan-pabrikan motor dengan angka penjualan tertinggi jarang yang mau buka mulut soal motor andalan mereka berikutnya. Jangan harap gampang mengorek informasi dari sumber yang bisa dipercaya di pabrikan Honda dan Yamaha. Untunglah pabrikan dengan penjualan lebih kecil lebih senang buka mulut.

1. Kepastian Sang Ninja

Hingga kini baru Kawasaki yang menurunkan berita resmi akan meluncurkan sebuah motor sport dengan volume silinder mencapai 250cc. Bukan motorsport biasa karena mengambil model sport bike yang beberapa tahun belakangan memang menjadi primadona merek ini di tanah air. Melanjutkan tradisi motor berperforma tinggi, KMI selaku ATPM Kawasaki jauh-jauh hari sudah memproklamirkan akan memproduksi sebuah Ninja yang sama sekali baru. Bermesin 4 tak, DOHC 250cc.

zzr250.gif

Prototipe motor ini sudah di pajang di pekan Raya Jakarta (PRJ) yang sedang berlangsung saat ini. Dengan basis varian ZZR250 anda bisa melihat sosok sportbike yang gambot. Jika ada kekurangan yang tampak sepintas, mungkin hanya modelnya yang masih terkesan agak jadul. Ini terlihat di beberapa bagian body seperti fairing dengan lampu model kotak yang sebenarnya sudah ditinggalkan sejak 15 tahun lalu. Juga jok pengendara yang masih menyatu dengan boncenger. Model buntut yang masih kotak, lampu belakang yang mirip Kaze, hingga buntut yang masih kurang tinggi. Semua itu belum menyiratkan citra sportbike modern yang memuja kecepatan. Masih mirip moge-nya Ongky Alexander jaman-jaman Catatan Si Boy.

2. Suzuki yang Malu-Malu

Untunglah Suzuki juga telah membuat pernyataan akan meluncurkan sebuah varian motor berperforma tinggi. Sayangnya meskipun akan memperkenalkan penggunaan teknologi injeksi dan katup DOHC, mereka secara resmi hanya akan bermain di varian 150cc.

Bagi yang mengharapkan motor dengan cc terbesar 250cc dari pabrikan ini tetap harus menunggu kabar lebih jauh. Awal tahun lalu memang santer diisukan akan hadir andalan pabrikan berlogo S Berlian ini berupa varian Chop-Cruiser atau Suzuki Supermoto. Seiring menurunnya daya jual Suzuki tahun ini, kabar tersebut bertiup bagai angin lalu hingga hari ini. Tentu motor bermesin 250cc yang digadang-gadang akan berbandrol antara 20-30 juta makin sulit dijadikan barang dagangan yang laris bagi Indomobil Roda Dua yang memproduksi Suzuki. Padahal para pecinta motor sport sudah sangat haus akan kendaraan roda dua dengan torsi dan tenaga yang besar terutama sejak berakhirnya masa jual Thunder 250.

gsx250fx.jpg

Jika benar Indomobil Roda Dua serius menggarap pasar ini, sebenarnya tidak sulit bagi mereka mencari basis mesin besar berperforma tinggi. Tinggal meminjam varian Suzuki GSX 250 (tanpa embel-embel R) atau Bandit 250 yang masing-masing sudah menggunakan katup DOHC dan bersasis turbular yang kokoh. Model dan performa pun bukan masalah lagi. Apalagi Suzuki secara internasional dikenal memiliki produk yang enak dipakai, kencang, dan murah sekaligus. No doubt about it!

3. Snapshot Fazer 250

Bagaimana kabar dua pabrikan dengan penjualan motor terbesar di tanah air, Honda dan Yamaha?

Yamaha hingga kini tidak memberi pernyataan resmi apapun mengenai kemungkinan adanya rencana motor sport bervolume 250cc. Namun di berbagai forum komunitas roda dua tanah air, telah beredar luas snapshot Fazer 250 setidaknya sejak 2 bulan terakhir. Kemungkinan motor yang awalnya diproduksi untuk kawasan Amerika Latin ini memang sedang diuji kelaikannya untuk pasar tanah air. Namun tidak menutup kemungkinan ini hanya snapshot motor buil-up yang dipasok oleh Importir Umum.

fazer-250.jpg

Banyak kalangan memang berharap YMKI selaku ATPM Yamaha segera meluncurkan Fazer 250. Alasannya sederhana, YMKI hanya menyediakan Scorpio untuk kelas ini. Meskipun dibekali mesin yang tangguh dengan torsi besar, namun tak urung memiliki sejumlah kekurangan. Scorpio tergolong sangat haus bensin, memiliki model yang sedikit tanggung, kelemahan di monoshok dan kaki-kaki depannya. Beberapa konsumen bahkan mengeluhkan pengendalian dan kenyamanan selama menempuh perjalanan jauh berupa pegal di tangan pengendara atau di pantat boncenger. Getaran mesin, stang yang tinggi, dan jok yang kurang ergonomis menjadi sedikit faktor penyebabnya.

Fazer adalah alternatif yang sangat pas. Di samping memiliki kapasitas mesin dan tenaga yang lebih besar, juga lumayan irit di kelasnya. Digunakannya suplai bahan bakar injeksi dan katup DOHC tentu solusi jitu. Begitu pula model yang lebih gambot, montase mesin yang lebih baik, dan fitur-fitur tambahan seperti monosok dan oil cooler, maka inilah streetfighter yang dinanti-nanti dari pabrikan berlogo Garputala ini.

4. Jurus Terakhir Honda?

AHM sebagai ATPM Honda sama sekali tidak memberikan clue akan hadirnya varian motor ber-cc lumayan besar ini. Meskipun sudah digosipkan lama di berbagai forum komunitas roda tanah air, namun rahasia Honda tetap tertutup rapat. Hingga kini AHM masih tetap mengandalkan Tiger 200cc dengan varian terbarunya yang berlabel Revo. Model Tiger versi paling klasik hingga Tiger Revo memang selalu menarik hati konsumen. Terutama mereka pencinta model dan menjadikan brand sebagai alasan pemilihan kendaraan. Di samping model streetfighter yang begitu diminati pengendara laki-laki dewasa di Indonesia, layanan purnajual dan jual kembali mahal benar-benar menjaga tingginya permintaan.

Namun demikian, seiring dengan semakin kompetitifnya pasar motor sport saat ini, Honda agaknya harus mulai berpikir dua tiga kali mengenai pendiriannya. Konservatisme produk yang tidak diimbangi dengan inovasi sangat mengancam eksistensi produk-produk mereka. Serbuan motor-motor baru dengan teknologi tinggi dan model yang bagus saat ini tidak boleh diabaikan begitu saja. Apalagi dengan melorotnya penjualan Honda dan semakin ketatnya persaingan dengan Yamaha saat ini. Di sisi lain, banyaknya kelemahan di tubuh Revo agaknya akan mendorong AHM segera meriset sebuah andalan baru. Suatu hal yang sangat mudah bagi pabrikan sekelas Honda.

honda-cbf250.jpg

Setidaknya tersedia basis motor yang sudah laris dari Honda. Honda CBF 250, VTR 250, atau Hornet 250. Masing-masing varian memiliki kelebihan dengan penggunaan katup DOHC hingga injeksi dan radiator. Ditilik dari konservatisme AHM, yang perpeluang besar dipasok hanyalah CBF 250 yang berbekal tenaga pas-pasan dan pendingin oli. CB Hornet yang menggunakan 4 silinder dan Honda VTR yang menyandang mesin berkonvigurasi V terlalu canggih. Tentu saja akan terlalu mahal bagi kantong konsumen jika benar-benar harus diproduksi ataupun diimpor secara built-up. Jika AHM berubah pikiran, dan memasok varian yang lebih canggih ini, tentu akan menjadi terobosan yang akan memukul para pesaing dengan sekali gebuk. Kalaupun bukan penjualan, minimal secara image Honda bermesin 250cc ini akan menjadi flagship AHM di pasar motor sport yang sedang membara ini.

Mari kita tunggu, bung!

Catatan: Artikel Terkait

  • Heboh Suzuki Injeksi DOHC Juni 18, 2007
  • Motor Sport Idaman, What do You Want? Mei 14, 2007
  • Kawasaki Pastikan Rilis Ninja 250 April 23, 2007
  • V-Ixion dan Revo Bakal Ganti Mesin! April 2, 2007
  • Gladiator 125 dan Fazer 250, Yamaha Dominasi Motor Sport 2007! Maret 2, 2007
  • Ninja 250 2007, KRR Bermesin DOHC 4 Tak! Februari 22, 2007
  • New Thunder 250: Supermoto atau Cruiser? Februari 5, 2007
  • Motor Sport 2007: Pertarungan Belum Selesai Januari 1, 2007


Menanti Para Raja di Kelas 250cc | KafeMotor
Menanti Para Raja di Kelas 250cc Juli 3, 2007 Posted by ilham in Motor Baru, Otomotif. trackback. Pertengahan tahun adalah saat yang paling tepat untuk

Menanti Para Raja Di Kelas 250cc Kafemotor
Read our post that discuss about Menanti Para Raja Di Kelas 250cc Kafemotor, Yamaha memastikan motor baru 250cc akan brojol tahun 2014!! december 14,

Menanti Para Raja Di Kelas 250cc Kafemotor
Menanti Para Raja Di Kelas 250cc Kafemotor. Kali ini Kabar Pilihan akan berbagi artikel mengenai Menanti Para Raja Di Kelas 250cc Kafemotor, artikel tentang Menanti

Menanti Para Raja Di Kelas 250cc Kafemotor
Motor baru honda (2) menanti cbr 250 | motoradul, Sementara calon terkuat ada di ninin 250,yok kita tunggu kalo lebih baik dari n250 apa boleh buat wajib di pinang

Menanti Para Raja Di Kelas 250cc Kafemotor
Here i will explain about menanti para raja di kelas 250cc kafemotor . Yamaha memastikan motor baru 250cc akan brojol tahun 2014!! december 14,

Menanti Para Raja Di Kelas 250cc Kafemotor | Journal ...
Here i will explain about Menanti Para Raja Di Kelas 250cc Kafemotor. Yamaha memastikan motor baru 250cc akan brojol tahun 2014!! december 14,

Menanti Para Raja Di Kelas 250cc Kafemotor
Here i will explain about menanti para raja di kelas 250cc kafemotor . Many people have talked about Yamaha viper 150, bung!!! kafemotor. But in this post i will

Menanti Para Raja Di Kelas 250cc Kafemotor | Rising Star ...
Beberapa waktu lalu, di Motor Baru Honda (2) Menanti CBR 250 Yamaha memastikan motor baru 250cc akan brojol tahun Manajemen Stratejik Kelas Pagi dan Sore

Menanti Para Raja Di Kelas 250cc Kafemotor | Info Terbaru 2014
Yamaha Viper 150, Bung!!! | KafeMotor. dari gambar2 di atas, bodi OK, kalo cuma agak kurang sreg ama knalpot (MX banget, terlalu calm), footstep belakang kurang

Menanti Para Raja di Kelas 250cc | BIGGER
Menanti Para Raja di Kelas 250cc. motor sport ber-cc maksimal di kelas 250cc. Mengapa Motor para pecinta motor sport sudah sangat haus akan

Previous
Next Post »

ConversionConversion EmoticonEmoticon

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
=)D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p
:ng
:lv