silinder R.A.T -Racing Automotive Tuning-

Dua hal penting dari sebuah kem adalah durasi dan lift. Kedua parameter ini ditentukan dari cam lobe ( gunungan noken as). Durasi Noken as adalah waktu dimana klep mulai membuka di dalam silinder hingga ia menutup diukur dengan derajat kruk as. Lift adalah takaran seberapa tinggi klep ditonjok oleh gunung noken as hingga terangkat. Biasanya performa mesin akan meningkat apabila tinggi angkatan klep melebihi  26 % dari diameter klep. Sesungguhnya valve lift menghasilkan luasan area udara yang mampu dilepaskan porting ke dalam silinder. Bahkan ada yang memaksa hingga 30 % dari diameter klep dengan akselerasi cam yang cepat, tentu saja untuk menghasilkan tenaga kuda yang beringas sesuai dengan kemampuan mesin.

menentukan lift cam dengan presisi ( DIAL INDICATOR )

menentukan lift cam dengan presisi ( DIAL INDICATOR )

Catatan penting dari spesifikasi klep lainnya adalah : Gap (jarak) antar klep masuk dan klep buang, jarak bebas klep dengan piston dan tekanan kompresi. Hal inilah yang mempengaruhi durasi noken as. Valve lift hanya dibatasi oleh kemampuan pir klep untuk menahan tekanan dan membalikkan klep dengan cepat. Oleh karena itu pir klep keras dapat menambah RPM limit pada mesin.

CAM DURATION

Durasi kem diukur dalam bahasa internasional : derajat kruk as. Dan sebuah noken as performa dimulai dari durasi 270 derajat hingga 310 derajat. Durasi dibawah itu adalah untuk standard pabrikan ( motor harian ). Durasi lebih besar darai 310 derajat seringakali hanya akan membawa masalah dan membuat mekanik jatuh sakit mencari setingan yang pas, kemungkinan hanya dapat dipakai pada mesin extreme dan balap extreme seperti drag race!

Noken as yang baik kurus atau gemuk? Menurut kami cam kurus lebih spesial. Selain bobot rotasi noken as sendiri sudah berkurang, sehingga mempercepat akselerasi noken as, apalagi jika ditambah bearing Hi-Speed. Profil cam kurus memberi kejutan pada klep membuka lebih cepat, menjaga klep terbuka penuh sedikit lebih lama, dan menutup cepat. Ini meningkatkan Efisiensi Volumetris pada mesin, memungkinkan galon demi galon udara keluar masuk melalui silinder.

membuat durasi noken as

membuat durasi noken as

Jangan dilupakan, ketika memesan sebuah noken as , sebutkan tujuan pemakaian kendaraan, spec klep yang dipakai, karena setiap mesin itu istimewa, dan noken as yang pas tentu akan berbeda dengan noken as mesin lainnya. Semakin lama durasi noken as ( diatas 300 ) semakin tinggi puncak tenaga berada di RPM tinggi pula, dan semakin kasar stasioner mesin. Tenaga mesin di bawah akan dikorbankan. Juga, durasi noken as bertambah, overlaping klep semakin lama, torsi hilang. Efisiensi bahan bakar akan berkurang, emisi gas buang bertambah.

Noken as performa tinggi dimuali pada derajat 280. Noken as yang sering dijumpai dipasaran ini, meningkatkan overlaping klep namun tanpa mengorbankan banyak bahan bakar dan emisi karbon. Ini adalah noken as yang baik untuk Street Engine, yang hampir 99 % standard, shingga noken as ini mampu memproduksi tenaga yang baik hingga 7,000 RPM.

Noken as 290 derajat, membutuhkan ubahan pada kepala silinder : Perbaikan geometri porting lubang masuk dan buang. Dengan irama mesin yang lebih nge-ROCK mesin ini akan sangat bertenaga di rentang 3000 RPM hingga 8000 RPM.  Ini adalah batas akhir durasi untuk harian, sehingga tipe cam seperti ini disebut tipe SPORT.

Noken as 300 derajat akan mulai terasa bekerja diatas 4.000 RPM. Untuk mesin yang sudah mengalami ubahan bore up, maupun berbagai tune maka noken as ini akan dapat dinikmati. Power puncak diperkirakan pada 9.000 RPM. Yakinkan pir klep terbuat dari material yang bagus sehingga dapat menikmati luapan tenaga mesin tanpa takut akan terjadinya mesin jebol.

KEM RACING INDONESIA

KEM RACING INDONESIA

Alamat Silaturahmi :

RAT MOTORSPORT INDONESIA

visit our garage @

Tropodo Indah Blok N no. 26 28

Waru Sidoarjo

contact us : 085645577007

mail us : dragswega201@yahoo.com

facebook : swega rat, wawan rat


Silinder Cylinder Head Dexel R A T Racing Automotive Tuning
Silinder Cylinder Head Dexel R A T Racing Automotive Tuning Aneka Foto Artis Indonesia, Artis Korea, Artis Jepang, Artis Hollywood, Artis Bollywood, Girlband, Boyband

Silinder Cylinder Head Dexel R A T Racing Automotive ...
Silinder Cylinder Head Dexel R A T Racing Automotive Tuning Aneka Foto Artis Indonesia, Artis Korea, Artis Jepang, Artis Hollywood, Artis Bollywood, Girlband, Boyband

Yamaha Vixion Jupiter Mx R A T Racing Automotive Tuning ...
Yamaha Vixion Jupiter Mx R A T Racing Automotive Tuning Aneka Foto Artis Indonesia, Artis Korea, Artis Jepang, Artis Hollywood, Artis Bollywood, Girlband, Boyband

race | R.A.T -Racing Automotive Tuning-
Posts about race written by ratspeed BUKU TAMU; GALERI; KELAS KURSUS PRIVAT MODIFIKASI MESIN BALAP R.A.T; ORDER MESIN BALAP DRAG / ROAD RACE / Grass Track / PAKET

Cc Rat Motorsport Indonesia R A T Racing Automotive Tuning ...
Recent Search Images. Cc Rat Motorsport Indonesia R A T Racing Automotive Tuning Html; Europromodel Nakita Picture Html; Wallpaper Artis Korea; Malayali Mulakal

Mengerjakan Kepala Silinder / Cylinder Head / Dexel | R.A ...
buku tamu; galeri; kelas kursus privat modifikasi mesin balap r.a.t; order mesin balap drag / road race / grass track / paket bore up; racing part ; noken

MENGENALI CARA KERJA MESIN 4 TAK | R.A.T -Racing ...
buku tamu; galeri; kelas kursus privat modifikasi mesin balap r.a.t; order mesin balap drag / road race / grass track / paket bore up; racing part ; noken

Desain Cylinder Head Racing Hi Performance R A T | Info ...
Karena kepala silinder ini nantinya akan dirubah memakai katub yang lebih besar, maka seating Desain Piston Racing | R.A.T -Racing Automotive Tuning-

Rahasia Korek Silinder Head F1zr - Informasi Seputar Teknologi
Rahasia Korek Silinder Head F1zr yang dipublikasikan pada 22 October 2014 pukul 18:37 WIB dan merupakan bagian dari informasi mengenai rahasia korek silinder head f1zr.

cara buat motor vega r piston tiger
Related Information. Kerucut crusher bagian; merk dan kapasitas stone crusher 75 ton/jam; cabe merah mesin penggiling di pakistan; cara mengidentifikasi kaolin

Previous
Next Post »