Saya awalnya tidak risau atau terganggu dengan rencana releasenya sport 250 cc, 2 silindernya Yamaha atau Honda.
Saya terpaksa menulis artikel ini, krn diprovokasi :D oleh blog Bro Yudha mengenai analisa dia atas strategi Kawasaki dalam mengantisipasi serbuan YZF-R250 (dua silinder, DOHC) pada tahun 2014 dan kemungkinan Honda merevisi CBR 250 R 2nd generation (dua silinder).
Awal Januari lalu saya sudah menulis mengenai rencana Yamaha mengeluarkan R15 akhir tahun ini dan YZF-R250 pada 2014. Waktu itu saya mengatakan Yamaha dan Honda selama ini bersaing tapi sambil mengacuhkan Kawasaki. Dan Kawasaki pun selalu asyik menemukan lapangan bermainnya sendiri.
Misalnya
Honda, Suzuki, Yamaha berantem di 600 CC, Kawasaki mengeluarkan 636 cc
Honda, Suzuki, Yamaha senggol2an di 750 CC, Kawasaki main di 800 cc.
Kawasaki melakukan diversifikasi dan membuat marketnya sendiri.
Nahh lah kalau di Indonesia Honda dan Yamaha juga ikutan berantem di kelas sport 250 cc, lalu Kawasaki harus main atau diversifikasi dimana?
300CC? ini langkah yang dibayangkan oleh bro Yudha akan diambil oleh KMI. Toh Ninja 300 FI sudah beredar dimana2. Tinggal produksi utk Indonesia toh?
Sayangnya tembok tinggi bernama PPNBM 60% utk motor diatas 250cc akan membuat Ninja 300 FI harganya menjadi tidak kompetitif utk bertarung dg kelas 250cc.
Atau 250cc 4 silinder? seperti dugaan publik paska test ride oleh KMI September 2011 lalu. Utk analisa mengenai kemungkinan Kawasaki release 250cc 4 silinder, lihat tulisan saya disini.
Siapa yang akan merebut mahkota kelas sport 250 cc ?
Yang patut diwaspadai menurut saya adalah Yamaha. Untuk 3 alasan:
1. Faktor yang terutama, kepastian apakah Honda atau Yamaha akan mengeluarkan seri sport 250 cc dua silinder.
Baik di tingkat nasional, regional maupun internasional kita belum mendengar rencana Honda utk produksi sport 250cc dua silinder (CMIIW). Tidak ada gosip, indikasi apapun untuk itu. Sementara itu off the record statement dr bbrp petinggi YIMM mengindikasikan production plan nasional untuk sport 250 cc, dua silinder, DOHC th 2014.
Bagaimana kalau Honda jadi keluar dg 250cc dua silinder? isyu selanjutnya adalah pricing.
1 silinder saja sudah mahalnya hampir sama dgn Ninja 2 silinder. Mau dijual diharga berapa CBR 250R dua silinder? Dan kita sama2 tahun Honda cukup punya gengsi untuk blunder meletakkan harga 2 silindernya jauh diatas Ninja 250FI.
2. Basis pengguna motor sport Yamaha di kelas 150 cc dan 225 cc.
Sebagai rider Scorpio th 2006 dan Vixion th 2008 saya menyaksikan sendiri kegelisahan luar biasa dr para rider Yamaha untuk naik kelas. Saat Fazer 250 sempat test ride di Indonesia th 2007an, kegempitaan dan kerinduan yang luar biasa merebak, sayangnya proposal ini disuntik mati krn dianggap tidak menguntungkan. SATU-SATU-nya kesempatan naik kelas yang tersedia bagi mereka adalah Ninja 250R waktu itu. Dan tidak sedikit yang memang kemudian pindah ke Kawasaki, setengah terpaksa. Bisa terbayang bagaimana kalau kemudian Yamaha memproduksi sendiri YZF-R250. Market sekian juta rider yang sudah tereducated dgn produk seperti Vixion, Byson dan para fanatik Scorpio adalah pangsa yang luar biasa. Taruh kata 10% saja yang memutuskan akan naik kelas ke 250cc. Itu sudah ratusan ribu unit. Yamaha akan merebut lagi domain ridernya.
3. Track Record layanan service dan ketersediaan spare part.
Pernah punya Honda Tiger di th 1999, saya bisa katakan saya kecewa untuk urusan service dan spare part dengan Honda. Apakah kondisi banyak berubah sekarang? saya dengar tidak juga utk kasus CBR 250. Yamaha di lain sisi, punya reputasi yang cukup baik utk spare part. Dan bagi rider 250 cc reputasi itu penting utk kenyamanan dan market value.
Lalu apa yang harus dilakukan oleh Kawasaki untuk mempertahankan mahkotanya selaku penguasa kelas sport 250 cc?
Tidak banyak. Dont fix things if it aint broken.
1. Cukup tingkatkan kualitas parts yang selama ini dikeluhkan dg batch2 awal Ninja 250 FI.
2. Dukung terus komunitas Ninja yang ada, tingkatkan dukungan KNI (Kawasaki Ninja Indonesia).
3. Diversifikasi pasar 250 cc dengan mengeluarkan Versys 250 atau Ninja 250 4 silinder.
Ninja diuntungkan karena flagship Kawasaki banyak beredar seperti ZX636, ZX10, Z series lainnya, Er6 series yang mendongkrak brand image dan juga untuk membangun komunitas.
Apakah rider Ninja 250 skrg akan pindah ke YZF? saya TIDAK yakin begitu. Terkecuali memang Ninjanya sdh cukup berumur dan harus diganti ya.
Tp kalau sdh merasakan 250 cc dua silinder lalu ingin upgrade? ya harusnya tambah cc atau tambah silinder dong hehe.. Lagi-lagi disitu sudah ada Kawasaki yang siap dg Er6 series ataupun ZX-6 nya. Smart.
Nasib Market Ninja 250 Fi Paska Releasenya Yamaha Yzf R250 ...
Get Manual Guide info about Nasib Market Ninja 250 Fi Paska Releasenya Yamaha Yzf R250 and read our other article related to Nasib Market Ninja 250 Fi Paska
Nasib Market Ninja 250 FI paska releasenya Yamaha YZF-R250 ...
161 thoughts on Nasib Market Ninja 250 FI paska releasenya Yamaha YZF-R250 dan CBR 250R2 Navigasi komentar
Nasib Market Ninja 250 Fi Paska Releasenya Yamaha Yzf R250 ...
Best Place to Download PDF about Nasib Market Ninja 250 Fi Paska Releasenya Yamaha Yzf R250 and read our other news related to Nasib Market Ninja 250 Fi Paska
Nasib Market Ninja 250 Fi Paska Releasenya Yamaha Yzf R250
Here i will explain about nasib market ninja 250 fi paska releasenya yamaha yzf r250 . Many people have talked about Nasib market ninja 250 fi paska releasenya yamaha
Yamaha Yzf R250 Yamaha Main 250 Cc Di Tahun 2014 Dohc ...
Nasib Market Ninja 250 FI paska releasenya Yamaha YZF-R250 Yamaha YZF R15 = Vixion Berfairing Segera Terbit Mencicipi Yamaha YZF-R25, Bodi Enteng, Tarikan Yahuddd
Nasib Market Ninja 250 Fi Paska Releasenya Yamaha Yzf R250 ...
News update post about Nasib Market Ninja 250 Fi Paska Releasenya Yamaha Yzf R250 and read our other article related to Nasib Market Ninja 250 Fi Paska Releasenya
Nasib Market Ninja 250 Fi Paska Releasenya Yamaha Yzf R250
nasib market ninja 250 fi paska releasenya yamaha yzf r250 . Latest News. florida statutes 720; cspa update 2014; government exams papers sri lanka
2015 Yamaha Yzf R250 | Autos Weblog
2015 Yamaha Yzf R250 . Yamaha YZF-R125. Yamaha YZF-R1 2009 (vĂdeo) 2014 Yamaha. Nasib market ninja 250 fi paska releasenya yamaha yzf-r250.
Nasib Market Ninja 250 Fi Paska Releasenya Yamaha Yzf R250 ...
Related Post : Nasib market ninja 250 fi paska releasenya yamaha yzf r250
Yamaha Yzf R250 Indonesia - Best Price in 2015
Nasib market ninja 250 fi paska releasenya yamaha yzf-r250, 161 thoughts on nasib market ninja 250 fi paska releasenya yamaha yzf-r250 dan cbr 250r2 navigasi
ConversionConversion EmoticonEmoticon