Modifikasi Honda New Mega Pro : Bracket Rear Box ex. Honda

Perjalanan terakhir saya ke Cirebon dan Tasikmalaya beberapa waktu berselang menyisakan beberapa pekerjaan rumah. Pekerjaan rumah saya yang pertama adalah membuat reportase perjalanan. PR Selanjutnya adalah saya perlu memodif beberapa bagian dari motor yang saya tunggangi, yaitu si Black Pathfinder (BePe), Honda New Mega Pro (NMP), apalagi untuk perjalanan jauh selanjutnya. Hal ini cukup beralasan karena selama perjalanan, ternyata masih ada hal-hal yang kurang nyaman bagi saya (entah bagi pengguna NMP yang lain) pada beberapa bagian tertentu, yaitu :

  • Rear Box (untuk menyimpan barang-barang perlengkapan perjalanan).
  • Stang (tangan sering pegal, terutama di tangan kanan yang memegang gas),
  • Ban (daya cengkram kurang terutama saat pengereman mendadak).
  • Handle kopling/rem depan (agar lebih nyaman jari tangan selama perjalanan),
  • lampu (perlu tambahan lampu untuk menembus malam dengan jalanan basah atau jalan berkabut),
  • GPS (sangat membantu untuk menentukan posisi terkini dan arah tujuan), apalagi jika harus menggunakan jalur alternatif.

Bracket Yang Sudah Siap Dipakai di Honda New Mega Pro

REAR BOX :

Untuk perjalanan jauh, urusan rear box nampaknya sebuah keperluan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Saat perjalanan ke Cirebon dan Tasikmalaya beberapa waktu yang lalu, saya menggunakan tank bag buatan 7Gear untuk menyimpan peralatan motor serta device electronic. Sedangkan untuk pakaian, saya menggunakan backpack di punggung. Tank bag dapat berfungsi sesuai peruntukkannya. Sedangkan untuk backpack, lama-kelamaan saya merasa pundak dan punggung saya pegal dan tidak nyaman. Saya pun bertekad untuk memasang rear box pada si BePe untuk perjalanan berikutnya.

Sebelum rear box dipasang, tentunya saya harus memasang bracket untuk memegang rear box. Pada kesempatan mengunjungi Surga Biker, toko peralatan motor di daerah Depok, saya mencoba hunting bracket ini. Ternyata bracket rear box untuk Honda New Mega Pro belum dipabrikasi. Pada beberapa kesempatan lain, saya mencoba menanyakan ke toko accesories lainnya. Ternyata sama saja : barang belum dipabrikasi! Sebenarnya saya bisa saja datang ke bengkel las langganan anak-anak KHCC (Karisma Honda Cyber Community) yaitu bengkel las Edward di sekitaran Bekasi, untuk membuat bracket baru. Tapi waktu saya yang sempit dan terbatas tidak memungkinkan saya mengunjungi bengkel itu.

Hingga suatu sore, secara tak sengaja saya melihat bracket rear box yang tergantung di ruang peralatan rumah saya. Bracket ini merupakan bracket rear box bekas motor saya sebelumnya : Si Bohay (Honda Karisma X). Setelah saya amati dengan cermat desain konstruksinya, saya merasa yakin bahwa bracket ini bisa dipasang di si Bepe dengan hanya sedikit perubahan. Bracket ini dulu dibuat di bengkel las Edward juga dengan harga Rp. 150.000,-. Saya menyukai design bracket rear box buatan Edward ini karena selain designnya dibuat sedemikian rupa sehingga begel asli motor tidak perlu dibuka, juga bracket ini dapat digeser-geser (sliding) dengan mudah tanpa mengurangi kekuatan dan kestabilannya.

Akhirnya pada hari libur beberapa waktu yang lalu, saya menyempatkan mampir di bengkel las di daerah Kramat Jati yang dulu pernah saya mintakan tolong memodif sesuatu. Setelah saya informasikan ke ahli las di bengkel itu keinginan saya serta perkiraan-perkiraan bagian-bagian yang perlu dimodif, mulailah bracket tadi diukur-ukur serta dicocokkan dengan dudukan begel motor NMP saya. Dan benar saja, dengan hanya merubah siku baja yang merupakan pemegang bracket ke begel, meregangkan besi bulat utama dan memotongnya sedikit, bracket bekas si Bohay langsung nemplok di atas begel si BePe. Begel si BePe tetap terpasang di tempatnya seperti design semula. Dengan ongkos modif cukup Rp. 70.000, bracket bekas Honda Karisma X bisa langsung dipasang di Honda New Mega Pro.

Foto : Pribadi

Pemasangan Bracket Pada Bracket Asli Honda New Mega Pro

Tampak Belakang Bracket

Tampak Samping Bracket


Modifikasi Honda New Mega Pro Bracket Rear Box Ex Honda ...
selengkapnya Modifikasi Honda New Mega Pro Bracket Rear Box Ex Honda dan topik terkait dengan Modifikasi Honda New Mega Pro Bracket Rear Box Ex Honda dibawah ini

Modifikasi Honda New Mega Pro : Bracket Rear Box ex. Honda ...
Saya sudah memakai bracket box tersebut di Honda Karisma sejak 2006. Saat Karisma saya turunkan ke adik, saya memasang bracket itu ke NMP dengan modifikasi.

Artikel Modifikasi Honda New Mega Pro Bracket Rear Box Ex ...
Modifikasi Honda New Mega Pro Bracket Rear Box Ex Honda disertai video dan gambar yang telah disadur dari berbagai situs menjadi sebuah informasi yang menarik dan

Modifikasi Honda New Mega Pro Bracket Rear Box Ex Honda
Modifikasi Honda New Mega Pro Bracket Rear Box Ex Honda disertai video dan gambar yang telah disadur dari berbagai situs menjadi sebuah informasi yang menarik dan

Modifikasi Honda New Mega Pro Bracket Rear Box Ex Honda ...
Modifikasi Honda New Mega Pro Bracket Rear Box Ex Honda Karisma X . Modifikasi Honda New Mega Pro Bracket Rear Box Ex Honda Karisma X Product. All categories

Modifikasi Motor Honda-Tiger Vario Beat Supra X
Semua Tentang Modifikasi Motor Honda Honda Beat Modification Honda Beat 2008 After the release of a new New Honda Mega Pro 2009|GAMBAR HONDA

Warna Mega Pro @ modifikasi-motor.com
Modifikasi honda mega pro : bracket rear box . honda, Saya sudah memakai bracket box tersebut di honda karisma Modifikasi honda new mega pro : bracket rear box ex

Honda Mega Pro Tahun 2006 - Info Harga 2014 Terbaru
Klarifikasi ahm : coakan pada rangka honda new mega pro, Honda Mega Pro Modifikasi; Honda Mega Pro 2011; Honda Mega Pro F1; Honda Mega Pro New; Honda Megapro 2009;

Tempat Modifikasi Motor New Megapro @ modifikasi-motor.com
Modifikasi honda mega pro : bracket rear box . honda, Saya sudah memakai bracket box tersebut di honda karisma Modifikasi honda new mega pro : bracket rear box ex

Modifikasi Honda New Mega Pro : Pemasangan Stang Lebar ...
Pemasangan bracket rear box Menyambung tulisan penulis tentang modifikasi Honda New Mega Pro untuk setelan perjalanan jauh (touring)

Previous
Next Post »