Posted by ilham in Balap, Biker, Tuning.
trackback
By Girifumi
Hingga saat ini, ajang balap roda dua di aspal didominasi region 2. Dari region 2 tersebut mungkin bisa dipersempit lagi dengan daerah Jogjakarta. Pembalap Hendriansyah, Irwan Ardiansyah, Hokky Krisdianto, Doni Tata Pradita, terlahir di daerah tersebut. Bila dibandingkan dengan daerah lain, pembalap Jogja memang memiliki mental untuk menjadi juara. Tidak peduli motornya kurang begitu bertenaga, mereka akan menutupinya dengan skill. Bukan jiwa cengeng bila motor tidak kompetitif enggan balap. Namun skill tersebut tidak datang dengan sendirinya dibutuhkan latihan secara intensif. Latihan merupakan simulasi dari balapan sebenarnya, simulasi tidak hanya berada di balik layar televisi layaknya main game. Namun harus benar-benar menjejakan roda ke aspal. Demi safety, tetap mengenakan wear pack lengkap termasuk helm. Yang membedakan mungkin hanya sebatas setingan agar mesin lebih awet. Umumnya, saat balap sebenarnya barulah dibuat maksimal.
Pembalap Surabaya pasca Jeanny Momo sama sekali tak terdengar. Meskipun ada, namun kurang konsisten. Apa penyebabnya? Setelah ditelisik ternyata ajang latihan dikebiri oleh kepolisian. Memang Surabaya tidak berbeda dengan kota besar lainnya yang memiliki trek yang layak dijadikan kejurnas ataupun OMR seperti Jakarta (Kemayoran), Bogor (Sentul), Riau (Sekayu), Jogjakarta (Mandala Krida). Kenjeran Park memang sedari dulu lekat dengan dunia balap. Hanya saja, kebijakan untuk membekukan balapan membuat bibit pembalap layu sebelum berkembang.
Selama ini Surabaya selalu menjadi pelopor dalam menegakan aturan dan terhitung disiplin. Ibukota Jawa Timur ini konsisten memberantas segala bentuk piracy alias barang bajakan. Segala bentuk CD, DVD, software yang selama ini sempat lekat dengan Mall diberantas sampai akar-akarnya. Berbeda bila kita menyambangi Glodok atau Mangga Dua di Jakarta. Lebih mirip Tom & Jerry. Kucing-kucingan. Bila ada inspeksi mendadak, entah kenapa seakan mereka memiliki kemampuan spiritual untuk menutup tokonya sebelum penggerebekan. Hebat. Kemudian aturan wajib bagi sepedamotor yaitu menyalakan lampu di siang hari dan berada di lajur kiri Surabayalah pelopornya. Yang diberlakukan pula di Jawa Timur secara menyeluruh.
Namun bila aturan kaku tentang penggerebekan balap diberlakukan, niscaya tak akan ada pembalap Surabaya yang menjadi kampiun. Yang ada paling jago local. Jagoan di kota sendiri. Idealnya, para pembalap tersebut diberikan lahan khusus untuk menemukan settingan dan melatih keterampilan dalam membesut motor. Asalkan ditempatkan dalam lahan tertentu, tidak akan ada lagi balap liar di jalanan.
Selain itu, mungkin yang tidak diketahui daerah lain. Surabaya merupakan basis motor Honda ! Disebut demikian, karena memang motor 4 langkah menjadi ciri khas Arek Suroboyo. Binter KZ 200 yang lebih dikenal dengan Binter Merzy lebih mudah diutak atik oleh Cak Su, di daerah Tugu Pahlawan. Begitu pula motor lainnya, bila di Jakarta dikenal RX King 6 speed maka di Surabaya ada GL 6 speed. Teknik memperbaiki performa dari kondisi standar, sudah menjadi santapan sehari-hari. Exhaust alias knalpot menjadi home industry di daerah Jalan Tidar. Gear ratiopun bisa dikerjakan oleh bengkel di seputaran Surabaya diantaranya sudah memakai CNC. Setahuku, di Indonesia pertama kali mengolah logam dengan CNC adalah di Surabaya. Malah, ada beberapa rekan bikers meyakinkan, mekanik Kota Buaya ini sanggup membangun sebuah motor sendiri !
Tidak itu saja, kelistrikan adalah salah satu menu mainan mereka. Contohnya, saat mengoprek sebuah Bajaj Pulsar begitu dilihat sepintas mereka langsung berani menjamin larinya makin kencang bila diganti CDI milik C Series motor Honda, tentu dengan sedikit modifikasi. Benar saja begitu seserahan modif dilakukan, penggantian CDI non limiter membuat Serigala India ini lebih laju. Sebagai pembuktian kehandalan mekanik ketimbang mesin. Mekanik Surabaya tampil di balap resmi dengan bermodalkan Motor China. Selorohnya cukup unik, Ketimbang menurunkan motor H***a tidak dibantu (dari segi financial), sekalian aja motor China yang gak dapat apa-apa. Ucapan polos ini juga menjadikan ajang kemampuan mekanik. Seperti yang diketahui CDI C series (Honda Astrea series (Star, Prima, Grand, Supra)) mengandalkan system AC. Malah kalau mau jujur, beberapa mekanik Yamaha lebih memilih memakai CDI Vega daripada memakai CDI DC Programmable untuk Jupiter Z. CDI Vega juga menerapkan system AC.
Bila berandai-andai, ATPM Honda men-support mereka bisa jadi akan membangunkan raksasa yang tengah tertidur. Misalnya, PT. Mitra Pinasthika Mustika selaku main dealer Jawa Timur dan Nusa Tenggara mendukung maka pembalap muda Jatim akan berbicara lebih banyak di pentas Nasional jika mereka turun. Ada kabar burung, bukan burung merpati apalagi pipit. AHM tengah menggodok konsep Honda Revo 110cc !! Honda Revo yang beredar saat ini, basisnya sama persis dengan Supra Fit mengandalkan mesin yang melegenda (makanya ada varian Legenda) 97 cc yang dibulatkan menjadi 100cc. Merupakan underbone paling mungil kapasitasnya dibandingkan para pesaing di kelas yang sama (Suzuki New Smash, Yamaha New Vega R, dan Kawasaki Blitz). Kompetitor berkapasitas mesin 110 cc. Secara logika mesin 110 cc lebih kencang daripada yang 100 cc karena menang kapasitas. Namun, jangan lupakan Benny Djati Utomo sempat membangun Honda Supra dan memenangkan berbagai lomba. Sayang, dikarenakan tidak mendapat dukungan maka proyek tersebut berhenti di tengah jalan. Jika analisa ini benar, maka alamat AHM akan turun gelanggang di kejurnas!
Satu lagi yang memperkuat analisa ini, di markas besar BRT tengah diriset Supra X125 PGM Fi dibaca Pe-Ge-eM eF-i , bukan Pe-Ge-eM eF-satu apalagi eF se (F4). Halah
PGM Fi yang bila diartikan Programmable Fuel Injection memang tidak lagi main karburator yang stel spuyer, tapi sudah memainkan program yang ada di otak mesin. Dengan memanipulasi sensor, membuat laju motor PGM F1 eh Fi makin kencang. Di tabloid Otomotif beberapa kali diulas tentang peranti Piggyback. Fungsinya agar aliran bahan bakar lebih banyak dari standar. Beberapa kali dites di sirkuit Sentul. Diam-diam, tim lain yang juga tengah menguji motor balap di Sentulpun mengikuti perkembangannya.
Dari waktu ke waktu progress bebek injeksi ini makin membaik. Waktunya dipangkas dari lap ke lap. Memainkan motor karburator terasa sudah mentok, tapi kalau injeksi? Bisa dikembangkan lagi dan lagi. Jadi tagline New Supra X125 PGM Fi, The Power of Future, kekuatan masa depan menjadi benar adanya. Bila injeksi sudah seng ada lawan (tidak ada lawan) yang akan dilakukan merek lain adalah mengikutinya. Semuanya dengan catatan, AHM konsisten mengikuti kejurnas. Tommy Huang di suatu kesempatan berujar, mainan barunya ini tidak untuk di OMR lagi. Sinyal positif bukan?
Kok jadi ngelantur ya? Pokoke maju terus pembalap Arek Suroboyo!!! Ramaikan balap kejurnas !!!
Sumber foto: http://www.kompas.com/photos/OLAHRAGA/20060813aha_i.jpg
Potensi Pembalap Surabaya, Ga Kalah Lho!! | KafeMotor
Potensi Pembalap Surabaya, Ga Kalah Lho!! Oktober 20, 2007 Posted by ilham in Balap, Biker, Tuning. trackback. By Girifumi. Hingga saat ini, ajang balap
Potensi Pembalap Surabaya Ga Kalah Lho Kafemotor | Forex ...
This article explain Potensi pembalap surabaya, ga kalah lho!! kafemotor. Potensi pembalap surabaya, ga kalah lho!! oktober 20, 2007 posted by ilham in balap, biker
Potensi Pembalap Surabaya Ga Kalah Lho Kafemotor Terbaru
More Results Related to potensi pembalap surabaya ga kalah lho kafemotor; Potensi Pembalap Surabaya Ga Kalah Lho KafeMotor Potensi Pembalap Surabaya, Ga Kalah Lho!!
Potensi Pembalap Surabaya Ga Kalah Lho Kafemotor
Potensi Pembalap Surabaya Ga Kalah Lho Kafemotor disertai video dan gambar yang telah disadur dari berbagai situs menjadi sebuah informasi yang menarik dan teraktual
Potensi Pembalap Surabaya Ga Kalah Lho Kafemotor ...
This article explain Potensi pembalap surabaya, ga kalah lho!! kafemotor. Potensi pembalap surabaya, ga kalah lho!! oktober 20, 2007 posted by ilham in balap, biker
Potensi Pembalap Surabaya Ga Kalah Lho Kafemotor | Tips ...
Potensi Pembalap Surabaya, Ga Kalah Lho!! | KafeMotor. Potensi Pembalap Surabaya, Ga Kalah Lho!! Oktober 20, 2007 Posted by ilham in Balap, Biker, Tuning. trackback.
Potensi Pembalap Surabaya Ga Kalah Lho Kafemotor | World ...
Rangkuman seputar keluhan ertiga | bonsai biker, A. keluhan ertiga pas melewati tanjakan: 1. tenaga gigi 1,2 kurang di tanjakan 2. tenaga gigi r kurang 3. suara
Www Cara Setting Motor Gestrek Com | Best Movie Video
Potensi pembalap surabaya, ga kalah lho!! | kafemotor, Potensi pembalap surabaya, ga kalah lho!! oktober 20, 2007 posted by ilham in balap, biker, tuning. trackback
Info mengenai Potensi Pembalap Surabaya Ga Kalah Lho ...
Potensi Pembalap Surabaya, Ga Kalah Lho!! Oktober 20, 2007. 600 x 275 · 217 kB · jpeg, Surabaya ga kalah lho kafemotor potensi pembalap surabaya ga kalah lho
Www Cara Setting Motor Gestrek Com | Watch TV Series Online
Potensi pembalap surabaya, ga kalah lho!! | kafemotor, Potensi pembalap surabaya, ga kalah lho!! oktober 20, 2007 posted by ilham in balap, biker, tuning. trackback
ConversionConversion EmoticonEmoticon