Alhamdulillah,
Puji syukur atas Allah swt yang maha mulia dan memuliakan umatNya, benar apa yang dijanjikan Allah dengan ilmu lah manusia dapat meningkatkan nilai derajatnya. Kesempatan demi kesempatan terus diberikan untuk kami belajar, kali ini bukan main-main proyeknya swap engine CBR ke dalam mesin Honda Cs1 dan atas jerih payah kami belajar menjadi kewajiban kami untuk berbagi ilmu pada sesama :) Sesama mekanik harus berpelukan :D hehehe
Sama seperti brother lainnya yang datang ke garasi rahasia RAT motorsport , mahasiswa ITS ini ingin nge-Bore UP motornya, Honda Cs1. Kami pun menawarkan berbagai spec, mulai dari spec tahun lalu, spec pahe, hingga yang ingin kami lakukan menanamkan piston Honda CBR 150r dan merubah head cylinder Cs1 memakai katup EE thailand. Si doi manggut-manggut, tapi ga ngebahas mesin malah curhat dia habis muter-muter nyari bengkel RAT wakwakwakwwak- Emang bagi yang belum pernah kemari , bengkel kami nyempil di samping flyover bypass Juanda -Sidoarjo, bengkel tanpa plang nama- tanpa spanduk, hanya ber cat Biru kuning sponsor oleh Telkom Flexi , disitulah tempat motor-motor performa tinggi bermuara, cieeee. Karena ga ada petunjuk seringkali memang harus muter-muter , kesana-kemari buat nyari :) wkwkwk cara mudah sebenernya ikutin kata hati aja, alah :D :D
Eh, taunya sang empu malah punya ide pengen masang Cylinder head + blok CBR langsung ke mesin Honda CS1 Katanya konsep nya niru anak-anak mobil yang modifikasinya suka main Swap Engine, tampang luar standard, tapi kencang. Busyet Spontan jawaban kami cuma satu, Habisnya banyak lho mas dengan wajah polos. Dengan santainya si mas ngeluarin kartu ATM sama ngasih tau pin nya, nih mas bawa aja, belanjain apa yang diperlukan, yang penting saling percaya . Jabatan tangan pun terjalin.
Wah, ya sudah deh, kesempatan emas nih untuk belajar. Kami sempat berdiskusi, bahwa tenaga cbr standard di catatan dynotest milik banyuwangi motor sekitar 16dk, ya sudah targetnya mendekati itu dulu. Eh, begitu online dan searching bore up cs1 di google, muncul hasil korekan om Tomy Huang, bos besar BRT, nembus 17 dk wih ampun dj :D Tapi setidaknya ada gambaran, dan kalau mengalami kesulitan bisa curhat ke om Tomy lagipula kan kita langganan juga make CDI BRT hehehehe
Okelah mulai kita belanja half cut engine CBR150 , alias set bagian blok dan head lengkap isi dari Jakarta. Begitu dateng, wuh indahnya :) DOHC head, portingnya gede-gede, klep nya gede-gede ( 24 milimeter inlet , 21 milimeter outlet ) , batang klep kecil banget 3,5 milimeteran, gak heran bisa nembus 12,000 RPM lebih Karakter profil cam nya keren, bikin bergairah Semua detail head dan blok dipelajari. Tahu ngga porting exhaust cbr begitu besar meski dalam kondisi standard hehehe Yang terbayang ketika paket head dan blok ini datang bukanlah bagaimana hasilnya nanti, tapi saya begitu ingin ada yang mengajak riset honda cs1 untuk drag kelas 200cc memakai head dan blok CBR, atau bikin honda tiger drag swap engine CBR, buuuuuuuhhhhh
Ketika konsultasi ke wallace racing , klep inlet 24 milimeter itu memiliki potensial tenaga 30 horsepower, gila..!! Bayangkan spec cs1 nih, swap engine cbr, stroke dinaikkan jadi 58mm stang make ninja, piston di bore up pakai piston cbr hi-speed diameter 66mm, kapasitas melonjak 198 cc karburator dipasok keihin Sudco USA tipe PJ venturi 34 milimeter yang mampu mensuplai hingga 12,000 RPM. Tak terbayangkan bisa nembus 8 detik kecil dengan mudah , atau mungkin 7 detik jika pembalapnya memiliki skill tinggi dan feel yang tajam. Wah, keterusan ngiler nih kalau berhayal terus nih wkwkwkwk
Ya udah kita langsung bawa crankcase ke tukan las argon karena blok cylinder cbr lebih besar dari cs1, dan lubang rantai keteng standard kurang membuka. Setelah jadi, hasil las diratakan dengan pisau bubut untuk mengatur permukaan agar nol mutlak supaya tidak terjadi kebocoran oli maupun kemiringan perangkat kruk as mendorong piston nantinya. Di bagian kiri juga diatur ulang untuk penempatan tensioner penekan rantai keteng. Tidak ada masalah berarti saat memasang rantai keteng cbr ke cs1, profil gigi timing noken as sama persis dengan gigi timing kruk as, perhitungannya pun juga 2 : 1.
Posisi penting adalah pengaturan deck clearances, karena masih mengandalkan stang original cs1, perbedaan pin piston kita akalin dengan sistem sok pen. Karena meski dibebaskan modifikasi kita juga tidak lantas gila-gilaan belanja. Tetep ngirit lah Deck clearances kita bikin 0.8 milimeter dari bibir blok. Main aman dulu lah :)
Porting , gak kita apa-apakan. Standardnya udah bagus ( bagus banget malah ) . Cuma kita alusin pake amplas kasar sambil mbatin dalam hati, oalah kok ya bukan dibuat balap, ni mesin , bisa tak odal-adul :D Noken as, gak diapa-apain cuma dielus-elus sambil digosok pake autosol. Hahaha tau ga sebenernya apa yang salah sih dari motor CBR150 ? Bukan porting, bukan noken as nya. Pistonnya kurang gede, kompresinya kurang tinggi. Masa motor dengan kode R Racing kompresi nya cuma 11 : 1, itu kan sama kaya kompresi honda grand piston kaze yang dipake anak smp ugal-ugalan di jalan hihihi :D Mbok ya kompresi 13 : 1 gitu rada keren atau kalo ga cc nya 180 atau berapa gitu wkwkwk
Dirakit, jebret-jebret, main aman celah kem dibuat 0,23 milimeter inlet, 0,25 outlet. Kompresi coba rendah dulu di 10,5 : 1. Pokoknya bisa nyala dan jalan enak Asli kali ini RAT jadi bengkel yang malu-malu kucing, pengen ngemodif tapi takut kalo rusak wkakwakkwkaw jadinya mainan kita ada di suplay bahan bakar yang dipasok keihin pe 28 milimeter, dengan pilot jet #42, dan main jet #130. Digandeng knalpot custom buatan SAHEK Muffler di Sedati. Pemantik nyala busi kita order khusus dari BRT untuk dibuatkan tipe hyperband saja karena kompresi memang relatif rendah dan mesin masih standard. Kampas kopling dan pir kopling ganti milik Daytona.
Hasilnya, ketika dinyalakan deruman mesin yang menggulung hasil olah dual kem begitu menyayat hati, kalo di geber di tempat , tachometer digital milik cs1 itu bisa dengan mudahnya melebihi 12,000 RPM, melewati garis merah serem boo00k Dipakai inreyen jalan-jalan, ouugghhh rasanya gagah banget, liat cs1 yang blok ama head nya kecil jadi tertawa dalam hati, ngerjain FU- FU tengil di jalan bisa juga :D Lumayan lah buat harian gaya
Dapatkan apa yang kamu bayar, dan lebih Tenaga sertamerta kelincahan Dari satu suku Honda menjadi gabungan mesin yang istimewa. Dan tak lengkap bila tanpa bukti empiris hasil kerja kami. Kami test drive di jalanan padat surabaya, torsinya udah ngikutin tangan begitu enteng, dan narik terus hingga ke rpm tinggi. Naik di ruang dynotest, sujud syukur, hasilnya ga malu-maluin, bisa nembus 16,4 horsepower di 11,000 RPM. Tapi karena sugesti lengkingan suara knalpot yang mengerikan seringkali kita udah tutup gas di 10,000 RPM lebih dikit, meski sebenernya tenaga masih ada mungkin wakakaka
Sebagai murid kalo patokannya modifan BRT nembus 17 dk sedangkan kita cuma 16 dk, berarti nilai ujiannya dapet nilai 94 . HORE! Ga jelek-jelek amat kan , hihihi Apalagi mengetahui torsi puncak cs1 kita udah didapat di rpm 5,000 saja, menjadikan akselerasinya ke 10,500 RPM hanya 3,90 detik. Patut disyukuri meski dengan alat seadanya : tanpa flow bench, tanpa nge porting, tanpa main papas kem. Hanya dengan mengandalkan perhitungan, ketelatenan, kejelian, dan didukung kepercayaan serta kesabaran pemilik motor lah semua menjadi seperti ini. Kami tidak merubah jalan raya, tapi kami merubah bagaimana rasanya berkendara Apa obsesimu?
TETAP SEHAT TETAP SEMANGAT BIAR BISA MODIFIKASI MESIN TERUS TIAP HARI!!!
RAT MOTORSPORT INDONESIA
RAYA BYPASS JUANDA N0 1
SIDOARJO JAWA TIMUR
085645577007
bbm pin : 767BB8C2
porting polished | R.A.T -Racing Automotive Tuning-
buku tamu; galeri; kelas kursus privat modifikasi mesin balap r.a.t; order mesin balap drag / road race / grass track / paket bore up; racing part ; noken as aka camshaft
porting head | R.A.T -Racing Automotive Tuning-
buku tamu; galeri; kelas kursus privat modifikasi mesin balap r.a.t; order mesin balap drag / road race / grass track / paket bore up; racing part ; noken as aka camshaft
Ratmotorsport.wordpress.com download 50 keywords. R.A.T ...
R.A.T -Racing Automotive Tuning- | RUMAH UNTUK SEMUA RIDER RUMAH UNTUK SEMUA RIDER
Korek Harian Yamaha Mio R A T Racing Automotive Tuning ...
Recent Search Images. Korek Harian Yamaha Mio R A T Racing Automotive Tuning Html; Info Terbaru Stadion Sus Gede Bage We Will Stay Behind You Persib
modifikasi mesin | R.A.T -Racing Automotive Tuning-
Posts about modifikasi mesin written by ratspeed BUKU TAMU; GALERI; KELAS KURSUS PRIVAT MODIFIKASI MESIN BALAP R.A.T; ORDER MESIN BALAP DRAG / ROAD RACE / Grass
Noken As Street Performance R A T Racing Automotive Tuning ...
Recent Search Images. Noken As Street Performance R A T Racing Automotive Tuning; Http Educacionfisicasantateresa Blogspot Com Es Html; Les Filles D C T 1993 1996
Free Blog Mobile: R.A.T -Racing Automotive Tuning-
Orriginale posted in Prides Online Forum, untuk melihat tulisan saya di forum motor pulsar silahkan klik disini -> PRIDES ONLINE. Alhamdulillah
cylinder head | R.A.T -Racing Automotive Tuning-
Posts about cylinder head written by ratspeed BUKU TAMU; GALERI; KELAS KURSUS PRIVAT MODIFIKASI MESIN BALAP R.A.T; ORDER MESIN BALAP DRAG / ROAD RACE / Grass
Memahami Noken As R A T Racing Automotive Tuning | Foto ...
Memahami Noken As R A T Racing Automotive Tuning Aneka Foto Artis Indonesia, Artis Korea, Artis Jepang, Artis Hollywood, Artis Bollywood, Girlband, Boyband
Modifikasi Mesin 2 Tak Basic R A T Racing Automotive ...
Modifikasi Mesin 2 Tak Basic R A T Racing Automotive Tuning Aneka Foto Artis Indonesia, Artis Korea, Artis Jepang, Artis Hollywood, Artis Bollywood, Girlband, Boyband
ConversionConversion EmoticonEmoticon