Pipa saluran terakhir pada mesin motor atau mobil ini sangat berpengaruh dalam proses pembuangan akhir sebuah mesin bakar. Kenapa,karena tanpa saluran terakhir pembuangan ini atau misal tidak ada lubang pembuangan ini hampir dipastikan tidak akan tercipta pembakaran didalam ruang bakar sebuah mesin.seperti halnya api dinyalakan diruang hampa tanpa udara, tdk bisa hidup sama sekali.
Nah apa pentingnya saluran terakhir ini diciptakan,..apakah modelnya hanya diperlukan untuk keindahan dari mesin atau bentuk motor atau mobil itu sendiri, ataukah diperlukan suara yang besar mengelegar agar mesin dapat perputar cepat.hhmmm tampaknya banyak awam yang belum mengerti, BIKEART akan mengulas ulang apa yang mungkin telah diketahui namun sangat penting untuk ditelaah lebih lanjut bagi awam atau pro.
Jenis mesin motor atau mobil ada yg dua tak dan 4 taksistem pembuangannya sama, yaitu sama-sama untuk melepas gas bakar dari ruang pembakaran. Apa yang membedakannya..tentu selain bentuk dan ukuran pada pipa knalpot ini ada perbedaan sekat-sekat didalamnya. Sekat-sekat ini mempunyai fungsi turbulensi atau mengatur agar gas buang tepat membuang sesuai pola pembakaran didalam mesin.
Pabrikan merancang knalpot std untuk motor-motor keluaran mereka yang dinamakan motor standart, tentu dengan hitungan presisi berdasarkan pertimbangan motor untuk penggunaan harian baik untuk antar anak sekolah, blanja ibu kepasar atau bepergian kekantor maupun untuk touring teman-teman bikers. Bahkan untuk latihan balap atau balap pemula sebenarnya sudah cukup memakai knalpot bawaan pabrikan itu, hanya perlu penyesuaian setelan karburator atau ecu bagi yang bermesin injection. Tapi kenapa dijalan dan orang-orang justru senang memakai knalpot racing dibanding knalpot harian. Itu selera pengguna dengan resiko dari mesin yang pasti beberapa tidak mengerti efek negatif apabila tidak mengerti benar tepat atau tidaknya settingan pembakaran dari mesin mereka.
Bentuk knalpot racing mesin 2 tak pipa membesar pada pangkal setelah keluar mesin lalu gembung ditengah atau dibawah mesin kemudian mengecil lagi menjadi pipa kecil lalu diakhiri silencer atau peredam suara, terkesan manis bentuknya apalagi dibuat dari bahan plat tipis. lain dengan knalpot racing 4 tak,..mulai awal pipa kecil lalu biasanya bertahap membesar pipanya hingga 3 tahap lalu diakhiri dengan silencer lebih besar dari motor 2 tak dengan lubang kira3 2 step seperti pada pipa tengah, bentuk ini lurus landai seperti knalpot stdnya namun biasanya lebih pendek dari panjang stdnya.
Sekarang dilihat nilai plus pemakaian knalpot racing baik dua tak atau 4 tak,dengan memakai knalpot bersuara lebih keras dari knalpot std maka dari jauh orang akan mengerti bahwa kita sedang berkendara. Dengan knalpot racing ini bagi mtr 2 tak performa naik drastis dibandingkan motor 4 tak. Terasa sekali lonjakan tenaga bahkan dari gigi satu, biasanya pada rpm 7000 tenaga akan terdongkrak drasti memuncak cepat melesat mencapai limit rpm. Hal ini tidak berdampak banyak pada motor 4 tak, dengan pemasangan knalpot racing paling tenaga awal bertambah sedikit sejak rpm 4000 lebih cepat dibanding tenaga yang diperoleh pada motor 2 tak yang baru keluar tenaga dirpm 7000. Penambahan di4 tak terasa signifikan bertambah panjang napas mesin baik gigi awal hingga akhir,tapi belum tentu dengan pergantian knalpot ini topspeed bisa menyamain ketika mesin 4 tak motor itu tetap menggunakan knalpot standartnya..why/mengapanah binggung juga kansedangkan pada motor 2 tak walau belum setting maksimal atau bahkan blum ada settingan yang dirubah tapi performa yang didapat terlihat sepertinya perubahan dengan knalpot racing signifikan. Hal ini disebabkan perputaran kerja dan sistem kerja yang praktis pada mesin 2 tak juga mempengaruhi pola keluar sisa pembakaran tidak serumit pada mesin 4 takjadi begitu ganti knalpot langsung wusss..
Trus gimana caranya dan masa sih,knalpot std diganti knalpot racing pada motor 4 tak ga merubah topspeed atau malah turun dibanding topspeed std.hhmmm
Penasaran mengapa begitu..ya karena mesin 4 tak lebih rumitperlu kerja 4 putaran kruk-as baru tercipta pelepasan diruang bakar yang berati tercipta ledakan..sehingga perlu pengukuran yang pas dan akurat agar knalpot racingnya bisa setara dengan knalpot buatan pabrikan yang tentu telah diukur mesin komputer dan dibuat berdasarkan risetsedangkan rata2 knalpot racing dibuat oleh pabrikan kecil bahkan hanya dibuat oleh pengrajin yang rata2 hanya mengejar penjualan tanpa riset. Tapi kalau dipakai sekedar untuk keamanan suara dan gaya its ok tentu dengan resiko ada percepatan kerusakan mesin karena pembuangannya diperlancar over dari permintaan mesinpenjelasan detail next topic
Pada knalpot racing 4 tak agar mesin aman cukup menganti pilot jet berukuran 1 step lebih besar dari angka stdnya, selama mtr itu digunakan banyak pada rpm rendah dan dipergunakan diperkotaan yang hanya diperlukan rentang rpm 5000 sampai 8000 pemakaian normal. Namun bila sering berkitir diangka 6000 hingga 10000 ada baiknya menggunakan main jet juga yg dinaikkan 1 step dari angka stdnya. so mainjet up 1 step, pilot jet up 1 step be accurate setting on your bike. Boros yang timbul belakangankarena penyesuaian itu..tapi itu hal yang wajar seperti berlari kencang pasti butuh tenaga lebih kan.
Ada banyak settingan khusus untuk perlakuan simple pengantian knalpot std ke racingmacam2 variasi settingnext topic lah.hhmmm
Untuk mesin 2 tak..mesin ini walau simple cara kerjanya namunlebih kejambehcoba tenggok Kawasaki Ninja 250 dan NInja 250 atau NSR 150 bahkan RXKing the master off 2 stroke versi jadul yang populer karena murah serta wuuuhh mantep lah
4 tak dengan cc gambot 250 macam Ninja two fifty belum tentu dapat cepat melesat melawan RXKing 135cc 2 tak.. percaya atau tidakapalagi bila 250cc 4 tak diadu dengan 150cc 2 tak.wah baik dari gigi 1 sampai 6 sulit terkejar si 150cc iniitulah dahsyat serta kejamnya mesin 2 takbelum lagi knalpotnya racing..tenaga 2 tak bisa terkatrol hampir 20persen dari orinya..
Namun ati2 bila salah setting meledaklah diahancur berkeping2 mulai sehernya, ringnya nempel disilinder, silinder head kop bocel2, hingga stang seher patah dan hancur berkeping.oohhffffmengapa bisa terjadiya itu karena detonasi yang berlebihan dari pola kerja extrem mesin 2 takbila salah setting. Sistem pembakaran itu dibutuhkan kombinasi angin, bahan bakar yakni bensin, dan apiketiganya bekerja harus tepat dan sempurna tanpa kekurangan. Bila salah satu komposisi kurang maka ada efek negatifnya..mesin malas bekerja, mesin batuk2 seperti flue,mesin bekerja semakin boros tanpa tenaga..dan terakhir duarrrr.meledak tinggal menghitung dompet tuk kebengkelkkkk
Pertama sebelum ganti semua pada mesin 2 tak perlu apa..one movement check your ignition .apa itu businya dulu dicek.baca petunjuk pembakaran dari busi itu.waduh Pak saya blum lulus sd nih..baca dan nulis ejaan aja blum bisa gimana blajar mbaca huruf dibusi yahehehehkkkkkk
Sebentar maksud saya bukan membaca huruf dibusi yang terbakar tapi baca dengan hati tanpa kata2..hhh,,,,selanjutnya next topicSETTING 2 TAK DAN 4 TAK..
-write by bikeart- undercopywrite majalahbikeart-2012
This entry was posted on February 16, 2012 at 14:27and is filed under Engine Tuning.You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.
Plus minus KNALPOT RACING ATAU KNALPOT standart ...
93 Responses to Plus minus KNALPOT RACING ATAU KNALPOT standart ban belakang ukuran 130/70/70, gear dan rantai masih pakai yang standard.
Plus Minus Knalpot Racing Atau Knalpot Standart ...
Plus minus knalpot racing atau knalpot standart, July 19, 2013 at 15:43. oh terima kasih atas dukungannya bro tri, ok lgs saya jawab ya pemotongan dan penggantian
Plus Minus Knalpot Racing Atau Knalpot Standart | India Post
Currently you are viewing the latest Plus Minus Knalpot Racing Atau Knalpot Standart headline and breaking news at IndiaPost and reading more information about Plus
Comments on: Plus minus KNALPOT RACING ATAU KNALPOT standart
Plus minus KNALPOT RACING ATAU saya dulu pernah ganti knalpot kolong 3v3 tuk RX King saya,tapi stelah kembali pakai knalpot standar,suara
Plus Minus Knalpot Racing Atau Knalpot Standart | Watch TV ...
Search Results for: Plus Minus Knalpot Racing Atau Knalpot Standart . but nothing matched your search criteria: Plus Minus Knalpot Racing Atau Knalpot Standart .
Plus Minus Knalpot Racing Atau Knalpot Standart | Autos Weblog
Menggenjot performa klx 150 - tanpa menghilangkan garansi, Mungkin bagi sebagian orang yang memang suka modif dan ngoprek mesin, garansi pabrik atau dealer tidak ada
top 3 Plus Minus Knalpot Racing Atau Knalpot Standart
Plus Minus Knalpot Racing Atau Knalpot Standart Sekarang kami akan mengulas desain tentang maxresdefault.jpg size 1080 KB dan tingkat resolusi yang berkualitas
knalpot ninja 150 standar racing youtube - Download PDF
Plus minus knalpot racing atau knalpot standart, Pipa saluran terakhir pada mesin motor atau mobil ini sangat berpengaruh dalam proses pembuangan akhir sebuah mesin
Plus Minus Knalpot Racing Atau Knalpot Standart | Best Movie
136 tanggapan to model knalpot racing (2t) pengaruhi karakter mesin pertamaxx 2 kali pake knalpot racing bwat 2t ane dulu,tarikan mang ruarr biazza.
santai: Plus minus KNALPOT RACING ATAU KNALPOT standart
Pipa saluran terakhir pada mesin motor atau mobil ini sangat berpengaruh dalam proses pembuangan akhir sebuah mesin bakar. Kenapa,karena tanpa saluran
ConversionConversion EmoticonEmoticon