Poblem Karbu? Kilik Aja Lagi KafeMotor

Posted by ilham in Biker, Komentar Pilihan, Sharing, Tips, Tuning.
trackback

By Adi_NSRClub

Tugas utama karburator adalah mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adl 1 : 13-15. Pokoknya gmn caranya biar mesin dapet suplai campuran segitu.

Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14?
Jwbannya adl Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.
Misal:
1. Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
2. Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran BB terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin hrs lebih banyak.
3. Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
4. Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
5. & Masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yg bpengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB.
Itu teori dasarnya.

Setting Karbu:
    Karbu pny 2 spuyer :
1. Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yg berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas
2. Satu buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yg sudah tinggi.
Hal lain yg berpengaruh dengan setingan termasuk :
1. Ukuran Venturi karbu
2. Jarum skep
3. Stelan angin
4. Power jet.

Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yg lewat shg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya spy campuran bisa pas.

Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?
Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:
1. Ngempos adalah gejala mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB
2. Mberebet adl gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cm tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.
Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.

Kasus-Kasus

Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn masalah pilot jet :
1. Motor kl pagi susah hidup krn begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naekin pilot jet.
2. Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet
3. Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet
4. Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti pilot jet kebesaran.
5. Motor gak pake di cuk kl pagi N bisa langsung start
(ini jg gak normal) berarti pilot hrs turun.

Kesimpulannya, kl ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di put rendah jg maka pilot hrs turun.

Trus tuk kasus2 mainjet:
1. Mtr dibawa kebut2an sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik
2. Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
3. Mtr ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
4. Motor Brebet di put atas saja berarti main jet minta turun
5. dll
Kesimpulannya, jika mtr Brebet di put atas berarti main jet hrs turun, jika mtr suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.

Note:
1. Setiap ada perubahan ukuran spuyer wajib setting angin
2. Jangan berpatokan pada indikator suhu di dashboard tuk panduan setting krn pasti gak sesuai, ini butuh joki yg feelingnya dah kuat.
3. Adakalanya detonasi tdk bisa diobati dengan naekin spuyer jika detonasinya sudah parah. Ini berarti ada ketidaknormalan pada komponen mesin lainnya.

Ok gitu aja ya kl butuh detail tlp ato ktm aja. Jgn sms gak bakal gw bales :P


Poblem Karbu? Kilik Aja Lagi | KafeMotor
Poblem Karbu? Kilik Aja Lagi Oktober 29, 2007 Posted by ilham in Biker, Komentar Pilihan, Sharing, Tips, Tuning. trackback. By Adi_NSRClub. Tugas utama

Poblem Karbu Kilik Aja Lagi Kafemotor | Latest Auto News ...
Home » Search » Poblem Karbu Kilik Aja Lagi Kafemotor. Info for Poblem Karbu Kilik Aja Lagi Kafemotor

Wallpoper/poblem Karbu Kilik Aja Lagi Kafemotor | Latest ...
Home » Search » Wallpoper/poblem Karbu Kilik Aja Lagi Kafemotor. Info for Wallpoper/poblem Karbu Kilik Aja Lagi Kafemotor

Poblem Karbu? Kilik Aja Lagi KafeMotor | Modifikasi Motor
Posted by ilham in Biker, Komentar Pilihan, Sharing, Tips, Tuning. trackback. By Adi_NSRClub. Tugas utama karburator adalah mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2).

Poblem Karbu Kilik Aja Lagi Kafemotor
Poblem Karbu Kilik Aja Lagi Kafemotor. Here you can read more about Poblem Karbu Kilik Aja Lagi Kafemotor. Many people have talked about Kisah perjuangan megelli 250r

Poblem Karbu? Kilik Aja Lagi KafeMotor | Modifikasi Motor
2014 (1759) August (85) July (155) June (150) May (183) Berita motor update; Info Blap liar Jakarta; Blog Modifikasi Motor: Honda Beat

Poblem Karbu Kilik Aja Lagi Kafemotor | User Guide Manual ...
Poblem Karbu Kilik Aja Lagi Kafemotor Related Posts. Poblem Karbu? Kilik Aja Lagi | KafeMotor; Inreyen Motor Baru, Geber Aja Lagi!!! | KafeMotor; Iwanbanaran.com

Poblem Karbu Kilik Aja Lagi Kafemotor | Manual Guide
Poblem karbu? kilik aja | kafemotor, Poblem karbu? kilik aja lagi oktober 29, 2007 posted by ilham in biker, komentar pilihan, sharing, tips, tuning. trackback. by

Poblem Karbu Kilik Aja Lagi Kafemotor Terbaru
More Results Related to poblem karbu kilik aja lagi kafemotor; Poblem Karbu Kilik Aja Lagi Oktober 29 2007 KafeMotor Poblem Karbu? Kilik Aja Lagi Oktober 29, 2007

Poblem Karbu Kilik Aja Lagi Kafemotor
Here i will explain about poblem karbu kilik aja lagi kafemotor . Many people have talked about Poblem karbu? kilik aja lagi kafemotor. But in this post i will

Previous
Next Post »